Peringatan Hari Besar Islam Diimbau tak Dulu Diselenggarakan

    Farhan Dwitama - 19 Maret 2020 12:30 WIB
    Peringatan Hari Besar Islam Diimbau tak Dulu Diselenggarakan
    Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Foto: MI/Susanto)
    Tangerang: Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menginstruksikan seluruh camat dan lurah mendekati tokoh agama dan tokoh masyarakat agar tidak membuat kegiatan yang menghadirkan banyak massa. Salah satunya peringatan hari-hari besar islam (PHBI).

    "Sekarang ada Isra Mikraj, orang datang berkumpul berkerumun padahal MUI sudah membuat fatwa salat Jumat di rumah saja (Diganti salat Zuhur). PHBI sudah seperti kebiasaan kita, ini yang kita antisipasi," kata Airin, Kamis, 19 Maret 2020.

    Menurut Airin, kebiasaan masyarakat di Tangsel, menggelar pengajian dan kegiatan keagamaan sudah sangat melekat dan hampir rutin diselenggarakan. Namun untuk sementara ia meminta kegiatan itu ditiadakan dulu.

    "Kita minta para camat melakukan pendekatan kepada para tokoh, alim ulama, untuk mengadakannya secara sederhana Terpenting doanya tercapai, Allah Maha Tahu keinginan dan doa kita," ungkapnya.

    Baca juga: Stasiun Rawa Buntu Disemprot Disinfektan

    Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Tangsel, Abdul Rojak, mengaku, telah menyosialisasikan kebijakan menjaga jarak sosial sesuai arahan pemerintah.

    "Masyarakat harus memahami betul bahwa ini bukan melarang orang beribadah, tapi lebih ke upaya preventif penyebaran virus," imbuh dia.

    Abdul Rojak menyayangkan masih banyak tokoh agama dan masyarakat yang beranggapan penyebaran covid-19 terhadap seseorang adalah takdir.

    "Bukan kita tidak percaya pada takdir Allah dan sebagainya, tapi intinya jangan meremehkan dan mengganggap enteng. Kita taati perintah agama, tapi menaati juga perintah dan anjuran pemerintah itu bagian dari keimanan," pungkasnya.

    Baca juga: Isolasi WNI dan WNA Peserta Ijtima Dunia Dipisah



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id