Emil Sepakat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dihentikan

    Rizky Dewantara - 02 Maret 2020 16:32 WIB
    Emil Sepakat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dihentikan
    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
    Bogor: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, sepakat penghentian pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) diberhentikan sementara. Penghentian lantaran proyek berdampak terhadap kemacetan dan banjir. 

    "Saya mendukung diberhentikan sementara, karena untuk mengingatkan KCIC agar memperhatikan keselamatan dan lingkungan," kata Emil saat ditemui pada raker percepatan dan pengelolaan dana desa di SICC Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin, 2 Maret 2020.

    Emil, sapaan Ridwan Kamil juga menyebut pengerjaan kereta cepat terkesan tidak mempertimbangkan aspek keselamatan juga aspek lingkungan. Karena pengerjaannya mengakibatkan banjir dan kemacetan. 

    "Dilihat dari tata cara pengerjaan proyek di lapangan bukan terkait perizinan seperti Amdal (analisis dampak lingkungan) yang bermasalah," bebernya. 

    Baca: Erick Thohir Minta KCIC Evaluasi Proyek Kereta Cepat

    Emil mengaku mendukung proyek nasional tersebut. Namun kontraktor yang mengerjakan proyek kereta cepat tidak memikirkan dampak sekitar.

    "Amdalnya sudah beres, tetapi gaya kerjanya kurang optimal. Tolong dikaji, dikasih waktu dua minggu untuk diperbaiki sistem kerjanya," tegas Emil. 

    Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya meminta PT KCIC untuk melakukan evaluasi yang komprehensif. Evaluasi ini perlu dilakukan untuk melihat kekurangan manajerial proyek terutama yang dinilai turut berkontribusi dalam menimbulkan bencana banjir.
     
    "Saya sudah meminta PT KCIC untuk mengevaluasi secara menyeluruh segala kekurangan manajerial proyek terutama yang menyebabkan terjadinya kerugian lingkungan dan sosial terhadap masyarakat," kata Erick berdasarkan keterangan resminya.
     
    Di lain sisi, pihak PT KCIC sudah melaporkan dalam dua minggu ke depan, pihaknya akan memperbaiki drainase dan manajemen lingkungan. Serta akan menyampaikan perkembangan proyek ke publik secara transparansi dan profesionalis. 

    Hari ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) menginstruksikan KCIC untuk menghentikan sementara proyek pembangunan selama dua minggu karena proyek tersebut menimbulkan genangan air pada Tol Jakarta-Cikampek yang menyebabkan kemacetan dan mengganggu kelancaran logistik.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id