Upaya Pemerintah Kaltara Mencegah Karhutla

    Sri Utami - 27 September 2019 16:27 WIB
    Upaya Pemerintah Kaltara Mencegah Karhutla
    Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie. MI/AGUNG WIBOWO
    Jakarta: Provinsi Kalimantan Utara tak mau mengulangi insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berdampak panjang pada 2015. Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie fokus mencegah karhutla sejak jauh hari.

    "Kami fokus pada upaya pencegahan. Yang kami lakukan bukan sporadis tapi kami bangun dengan sistem dan mekanisme yang jelas. Jauh sebelum terjadi musim kemarau saya sudah melakukan dan mempersiapkan langkah apa agar karhutla tidak terjadi secara meluas maka kita buat rencananya," kata Irianto di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat, 27 September 2019.

    Irianto menerbitkan dua peraturan gubernur dan tiga surt edaran kepada kabupaten/kota sebagai langkah awal. Aturan itu mewajibkan kepala daerah menyiapkan program konkret mencegah karhutla.

    Ia menyebut karhutla terjadi karena dua faktor, manusia dan alam. Faktor manusia bisa disebabkan kesengajaan atau ketidaktahuan.

    "Atau karena ada tujuan tertentu dan ada juga yang punya tujuan tertentu termasuk dibayar. Ini yang paling sulit diatasi," ucapnya. 

    Irianto tak cuma tegas kepada pemerintah daerah. Sikap sama juga diterapkan kepada perusahaan perkebunan dan tambah di Kaltara. Secara hukum pemda siap menjerat perusahaan yang tidak patuh dalam mencegah dan menanggulangi karhutla. Pemda juga tak segan mencabut izin usaha perusaahan pembakar hutan.

    "Kami mematuhi aturan UU dan respons yang cepat dan sesuai pengarahan dari presiden untuk prioritaskan pencegahan kemudian lanjutkan penegakan hukum secara tegas. Sewaktu api masih kecil harus segera dipadamkan itu yang kami lakukan. Dan kami lakukan koordinasi secara intensif kepada pemangku kepentingan seperti Polri termasuk kepada masyarakat hingga ke tingkat desa," jelas Irianto.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id