Ramai-ramai Reboisasi

    Ahmad Rofahan, Syaikhul Hadi, Daviq Umar Al Faruq - 10 Januari 2020 16:43 WIB
    Ramai-ramai Reboisasi
    Ilustrasi penanaman pohon di wilayah Cimahi, Jawa Barat, (Foto: MI/Depi Gunawan)
    Jakarta: Penanaman ribuan pohon dilakukan oleh sejumlah pihak di awal musim hujan. Satu di antaranya berlangsung di Mako Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai wujud kepedulian Polri melestarikan lingkungan.

    "Mari kita jagakelestarian lingkungan dan menambah penghijauan di daerah," ungkap Wakapolda Jawa Timur Brigjen Djamaludin, Jumat, 10 Januari 2020.

    Sebanyak 2.500 bibit pohon akan disebar ke beberapa tempat di Jawa Timur. Khusus di area Mako Polresta Sidoarjo, pohon yang ditanam berjumlah 250 bibit.

    Aksi serupa juga digelar di sekitar Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat. Penanaman pohon dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu, Polres Indramayu, dan Perum Perhutani bekerja sama dengan Astra. 

    General Manager Operational Astra Tol Cipali, Suyitno, mengatakan, pohon ditanam di wilayah pengelolaan hutan milik Perhutani di kilometer 122 hingga 142 tol Cipali. 

    "Supaya bisa menyerap air hujan dan ruas tol tak kembali tergenang," kata Suyitno.

    Secara bertahap, reboisasi akan dilakukan tak hanya di tol melainkan beberapa wilayah di Jawa Barat. Target penanaman pohon secara keseluruhan berjumlah 39.600 pohon.

    Di lokasi lain yakni sepanjang Pantai Ungapan, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 2.000 bibit pohon cemara udang ikut ditanam. 

    Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan saat ini adalah waktu yang tepat melakukan reboisasi. 

    "Untuk memberikan ruang oksigen yang lebih luas dan hasilnya akan bisa dinikmati oleh generasi berikutnya," kata dia.

    Menurut Yade, pohon cemara udang berbeda dengan jenis cemara lain yang hidup di dataran tinggi dingin. Cemara udang mampu hidup di daerah pesisir dengan pantai berpasir yang suhu udaranya lebih tinggi.

    Cemara udang mampu tumbuh hingga 45 meter dan toleran terhadap tanah yang tercemar limbah. Pohon jenis ini juga dijadikan benteng alami penghadang tsunami.

    "Penanaman pohon cemara udang juga untuk mencegah abrasi air laut di sepanjang kawasan pantai selatan Kabupaten Malang," pungkasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id