12 Jenis Bencana Berpotensi Terjadi di Kabupaten Malang

    Daviq Umar Al Faruq - 08 Januari 2020 19:50 WIB
    12 Jenis Bencana Berpotensi Terjadi di Kabupaten Malang
    Rapat koordinasi penanggulangan bencana alam Hidrometeorologi di Gedung Rapat Anusapati Pendopo Pemkab Malang, Jawa Timur, Rabu Januari 2020. Dokumentasi Korem 083/Baladhika Jaya
    Malang: Komandan Korem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin, mengatakan Kabupaten Malang, Jawa Timur, memiliki 12 jenis potensi bencana. Dari belasan potensi bencana tersebut didominasi oleh bencana hidrometeorologi.

    "12 jenis potensi bencana, baik geologi, hidrometeorologi, bencana alam, dan bencana non-alam. Bencana hidrometeorologi yang paling dominan," kata Zainuddin saat rapat koordinasi penanggulangan bencana alam Hidrometeorologi di Gedung Rapat Anusapati Pendopo Pemkab Malang, Jawa Timur, Rabu Januari 2020.

    Zainuddin menjelaskan bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang terjadi akibat fenomena meteorologi. Mulai dari angin kencang, hujan lebat, dan gelombang tinggi.

    "12 potensi bencana, yaitu banjir, banjir bandang, gelombang ekstrem dan abrasi, gempa bumi, kegagalan teknologi, kekeringan, wabah penyakit, erupsi gunung, cuaca ekstrem, tanah longsor, tsunami, serta kebakaran hutan dan lahan," jelas Zainuddin.

    Zainuddin meminta Forkopimda Kabupaten Malang dapat mengumpulkan dan menganalisis informasi terkait potensi bencana. Sehingga selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan pengurangan resiko.

    "Upaya penanganan yang dilakukan oleh berbagai pihak ini harus dimulai saat prabencana. Bencana ini adalah urusan bersama, mencegahnya juga harus bersama-sama," pungkas Zainuddin.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id