comscore

Kuliner Ekstrem Kuah Tawon di Tengah Sawah

MetroTV - 30 Maret 2022 13:08 WIB
Kuliner Ekstrem Kuah Tawon di Tengah Sawah
Kuliner kuah tawon di tengah sawah. Foto: Dok/Metro TV
Banyuwangi: Tawon vespa merupakan salah satu hewan yang berbahaya karena memiliki racun. Namun, salah satu tempat makan di daerah Banyuwangi menjadikan tawon vespa sebagai menu kuliner.

Menu ini disajikan di warung Sekancil yang berada di Desa Kelancing, Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan ini berbahan dasar tawon vespa yang masih berbentuk larva yang dipadukan dengan beraneka bumbu bawang merah, cabai, garam, dan gula.
Dalam proses pembuatannya, bumbu bawang merah dan cabai digoreng sebentar kemudian dihaluskan. Sebelum dicampur ke dalam bumbu halus, ulat tawon vespa ditumis terlebih dahulu kemudian diberi air sehingga menjadi kuah.

Selain kuah tawon dan botok tawon, aneka masakan tawon di Banyuwangi cukup digemari warga Banyuwangi. Dengan mengonsumsi makanan tawon vespa, diyakini bisa menambah vitalitas tubuh.

Salah satu pengunjung, Arif rela datang ke Desa Kelancing hanya untuk menikmati kuliner ini.

“Saya ini pecinta makanan ekstrim. Ini juga dapat meningkatkan stamina,” ujar Arif dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 30 Maret 2022.

Menurut pemilik warung Sekancil, Halim Kudori, selain memiliki banyak penggemar, menu andalan ini menggunakan bahan baku yang langka. Untuk memperoleh tawon vespa, pemilik mendapatkan pasokan dari warga desa sekitar.

Hanya dengan harga Rp20 ribu, pengunjung dapat menikmati satu porsi kuah tawon, lengkap dengan nasi putih dan lauk lainnya. Tak hanya itu, pemandangan indah akan menemani pengunjung karena tempat ini berada di tengah sawah. (Alifiah Nurul Rahmania)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id