Dinkes Jepara Siapkan 6.000 Tes Usap Antigen untuk Pemudik

    Rhobi Shani - 03 Mei 2021 16:07 WIB
    Dinkes Jepara Siapkan 6.000 Tes Usap Antigen untuk Pemudik
    Pemudik tiba di Jepara dites usap antigen di Puskesmas. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Jepara: Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara menyiapkan 6.000 tes usap antigen untuk pemudik. Pelaksanaan tes bagi pemudik dilakukan di tiap-tiap Puskesmas.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, mengatakan telah mengintruksikan seluruh bidan desa untuk mendeteksi pemudik yang sudah tiba di kampung halaman. Selanjutnya dilakukan tes usap antigen kepada pemudik.






    "Karena sudah ada pelaku perjalanan yang sampai Jepara, tes itu sudah kami mulai sejak minggu lalu," kata Mundrikatun, Senin, 3 Mei 2021.

    Baca: Tiba di Juanda, 4 Pekerja Migran Positif Covid-19

    Dia menjelaskan tes usap antigen bagi pemudik dijadwalkan dua kali dalam sepekan. Bila hasil tes usap antigen positif, maka dilanjutkan dengan tes PCR.

    Pelaku perjalanan juga wajib melakukan karantina sesuai aturan sampai ada tindak lanjut dari Puskesmas yang memeriksanya. "Kalau pelaku perjalanan itu sudah tes mandiri apakah itu antigen, PCR, maupun GeNose, maka hasil tes itu hanya berlaku 1 kali 24 jam," jelas Mundrikatun.

    Terpisah Kepala Puskesmas Kedung II, Suhadi, mengatakan sejak pekan lalu telah memeriksa belasan pelaku perjalanan. Pekan ini pihaknya telah mendata puluhan pemudik yang akan dites usap antigen.

    "Jadwal kami Selasa dan Kami. Kamis kemarin ada 15 orang pelaku perjalanan. Besok kami jadwalkan ada 40 orang dites antigen, mereka juga pelaku perjalanan," ungkap Suhadi.

    Selain melakukan pemantau dan pemeriksaan pemudik yang baru tiba di kampung halaman, Suhadi juga melakukan pemantau dan pemeriksaan pekerja harian antarkota.



     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id