Pemkot Bekasi Bangun Folder Air untuk Antisipasi Banjir

    Antonio - 24 November 2020 18:03 WIB
    Pemkot Bekasi Bangun Folder Air untuk Antisipasi Banjir
    Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Antonio/Medcom.id
    Bekasi: Pemkot Bekasi tengah membangun folder air untuk meminimalisir dampak banjir yang ada di wilayah setempat. Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan sebesar Rp8,8 miliar.

    Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan pembangunan folder air tersebut berada di wilayah Fajar dan Bougenville, Bekasi Selatan, dan Harapan Indah, Medansatria.

    "Sudah hampir selesai, kita harapkan mampu meminimalisir beberapa lokasi yang memang kita anggap cukup besar genangan airnya," kata Tri usai meninjau pengerjaan folder air, Selasa, 24 November 2020.

    Baca: Warga Surabaya Tolak Rizieq Shihab Bertandang

    Tri menjelaskan pembangunan folder tidak dapat menyelesaikan persoalan banjir di Kota Bekasi secara total. Karena terdapat faktor lain yang mempengaruhi terjadinya banjir di Kota Bekasi.

    "Karena juga terkait dengan Kali Bekasi kemudian kali Bong dan juga yang ada di Kali Kapuk dimana perbatasan dengan Kabupaten (Bekasi)," jelasnya.

    Menurutnya untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan komunikasi intensif dengan Pemkab Bekasi terkait dengan tata guna lahan serta pembangunan yang bersinergi.

    "Karena tata guna lahan tentunya implikasi dari proses pembangunan di Kabupaten akan berimplikasi terhadap Kota Bekasi, demikian juga perhatian dari Kabupaten terkait dengan sungai-sungai yang ada di perbatasan," ungkapnya.

    Tri menambahkan pihaknya juga mengalami sejumlah kendala dalam penanganan sampah yang menumpuk di kali sekitar perbatasan Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi karena tidak ada penanganan dari Pemkab Bekasi.

    Seperti di Kelurahan Arenjaya, Kota Bekasi yang berbatasan dengan ada di Desa Setiamekar, Kabupaten Bekasi serta di Pondok Hijau, Kelurahan Pengasinan, Kota Bekasi yang berbatasan dengan Kelurahan Jatimulya, Kabupaten Bekasi.

    "Kemungkinan ini akan jadi perhatian kita semua. Jadi mudah-mudahan melihat progres yang ada insya Allah jalan juga beberapa folder air dan termasuk juga di dalamnya pemasangan pompa air. Sehingga bisa kita minimalisir terkait dengan beberapa hal banjir yang kemarin bulan Januari sampai cukup melumpuhkan seluruh Kota Bekasi," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id