Vaksin Disebut Bukan Solusi Akhir Atasi Pandemi Covid-19

    Daviq Umar Al Faruq - 05 Januari 2021 13:56 WIB
    Vaksin Disebut Bukan Solusi Akhir Atasi Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Malang: Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang, Jawa Timur, Husnul Muarif, mengatakan, kehadiran vaksin bukan solusi akhir mengatasi pandemi virus korona baru. Vaksin, kata dia, hanya salah satu cara pencegahan penyebaran virus.

    "Vaksin hanya salah satu upaya mencegah penyebaran virus covid-19. Penekanannya, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sekalipun sudah disuntik vaksin," ujarnya, Selasa, 5 Januari 2021.

    Terkait pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang, lanjut Husnul, akan dimulai setelah pemerintah pusat mengawalinya secara simbolis pada 13 Januari 2021. Pada hari itu, presiden, menteri, hingga pejabat pemerintah pusat akan mendapatkan suntikan vaksin covid-19 untuk pertama kali. 

    Baca juga: 25 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

    Sedangkan, vaksinasi secara simbolis di tingkat daerah bakal diselenggarakan pada 14-15 Januari 2021. Secara khusus, vaksinasi simbolis di Jawa Timur kemungkinan diikuti oleh 10 orang perwakilan mulai dari Gubernur, Sekda, dan jajarannya.

    Di sisi lain, vaksinasi terhadap masyarakat luas bakal diselenggarakan setelah vaksinasi simbolis usai. Hanya saja, Husnul mengaku belum mengetahui jumlah pasti vaksin tahap pertama yang akan diberikan untuk tenaga kesehatan di Kota Malang.

    "Tarena tiap daerah kan (jumlahnya) masih berkembang dinamis. Sistem informasi sumber daya manusia kesehatan ini pun juga terus berkembang, jadi setiap waktu tetap di update," lanjut dia.

    "Jadi pada tahap pertama petugas kesehatan atau tenaga kesehatan itu pasti sudah akan mendapatkan SMS dari Kemenkes sebagai calon penerima vaksin," jelas Husnul.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id