Gubernur Sumsel Nilai Instruksi Mendagri sebagai Peringatan

    Gonti Hadi Wibowo - 19 November 2020 15:59 WIB
    Gubernur Sumsel Nilai Instruksi Mendagri sebagai Peringatan
    Gubernur Sumsel Herman Deru. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, menilai instruksi protokol kesehatan  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) merupakan peringatan. Sehingga setiap kepala daerah dapat menerapkan protokol kesehatan ketat.

    "Saya menggaris bawahi apa yang disampaikan Mendagri itu sebagai peringatan. Aturan di Sumsel sangat jelas tentang protokol kesehatan dan sanksinya yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 37 Tahun 2020," kata Herman, Kamis 19 November 2020.

    Herman mengatakan, setiap daerah di Indonesia kondisinya berbeda-beda dalam aturan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, masalah aturan seperti di Jakarta tidak bisa diberlakukan di daerah lainnya.

    "Maka dari itu kita (Sumsel) punya Pergub sendiri yang mengatur itu tanpa melanggar aturan-aturan yang lebih tinggi," ungkapnya.

    Baca: Doni Monardo Ingatkan Kepala Daerah Cegah Kerumunan

    Pihaknya menilai kepala daerah harus memberikan contoh dalam menjalankan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan jaga jarak.

    Selain itu, kepala daerah juga harus memberikan perlindungan bagi masyarakat di tengah pandemi covid-19. Kepala daerah pun harus sigap dalam menyikapi permasalah aturan yang ada.

    "Kepala daerah tidak hanya fokus pada satu aspek medis tetapi juga harus memastikan upaya pemulihan ekonomi berjalan dengan optimal," jelasnya. 

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan instruksi penerapan protokol kesehatan. Tito memastikan sejumlah sanksi menanti. Sanksi berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda).

    "Saya sampaikan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengindahkan instruksi ini. Karena ada risiko menurut UU, kalau UU dilanggar dapat dilakukan pemberhentian," ujar Tito.

    Baca: Mendagri Terbitkan Instruksi Protokol Kesehatan, Pelanggar Siap-siap Diberhentikan

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id