Kasus Covid-19 Meningkat, Kantor Disdukcapil Kulon Progo Tetap Akan Dibuka

    Ahmad Mustaqim - 29 November 2020 14:39 WIB
    Kasus Covid-19 Meningkat, Kantor Disdukcapil Kulon Progo Tetap Akan Dibuka
    Pengumuman penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Kulon Progo: Kasus penularan covid-19 pada klaster Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terus naik. Namun, pelayanan masyarakat di kantor Disdukcapil itu bakal tetap dibuka kembali.

    Kantor Disdukcapil Kulon Progo sebelumnya ditutup lebih dari sepekan akibat terjadi klaster penularan covid-19. Pengumuman di pintu gerbang kantor tersebut menerangkan sterilisasi kantor berakhir pada 27 November 2020. Dengan begitu, pelayanan dimungkinkan aktif lagi pada Senin, 30 November 2020. 

    Juru bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, mengatakan, ditemukan 31 kasus terkonfirmasi positif korona dari Disdukcapil serta 12 orang tertular di luar kantor tersebut. Jumlah kasus pada klaster ini sebelumnya total 40 kasus.

    "Sebanyak 58 yang kontak (erat) dengan kasus Dukcapil di rumah atau sekitar rumah pasien masih kami tracing," kata Baning, Minggu, 29 November 2020. 

    Baca juga: Pengungsi Merapi Masih Bertahan di Barak

    Ia menyatakan, ada sebanyak 137 sampel yang belum diperiksa. Sementara, sebanyak 195 sampel masih menunggu hasil pemeriksaan di Balai Besar Veteriner (BB Vet) Kulon Progo. 

    Baning mengungkapkan, kasus covid-19 juga ditemukan di Kantor Kecamatan Temon. Setelah satu staf ditemukan positif korona, penelusuran kontak erat menjangkau sebanyak 21 orang

    "Setelah ditracing dan swab 21 orang kontak erat. Selama menunggu hasil, kantor (Kecamatan Temon) tak ditutup, hanya tak memberikan pelayanan umum secara langsung," katanya. 

    Ia menerangkan, Bupati Kulon Progo, Sutedjo, telah menerbitkan surat edaran (SE) merespons perkembangan kasus penularan covid-19. SE nomor 440/0771 23 November 2020 sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kulon Progo  

    "Bupati sudah menginstruksikan agar pertemuan yang mengumpulkan orang banyak dilakukan dengan daring atau semi daring," imbuh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kulon Progo ini. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id