Gubernur Banten Ingin Andalkan Situ untuk Menanggulangi Banjir

    Hendrik Simorangkir - 02 Maret 2021 18:34 WIB
    Gubernur Banten Ingin Andalkan Situ untuk Menanggulangi Banjir
    Sejumlah ruas jalan di kawasan Tangerang Selatan tergenang karena intensitas hujan tinggi sejak Sabtu dini hari, 20 Februari 2021. Dokumentasi/ istimewa



    Tangerang: Sejumlah kota/ kabupaten di wilayah Banten dilanda banjir yang diakibatkan curah hujan tinggi pada pekan lalu. Menurut Gubernur Banten, Wahidin Halim, situ di wilayahnya yang terdampak harus dapat dioptimalkan sebagai alternatif pengendalian banjir.

    "Karena situ-situ itu bisa jadi daerah resapan air dan sebagai alternatif pengendalian banjir," kata Wahidin, Selasa, 2 Maret 2021.






    Baca: RS Lapangan TNI AD di Mamuju Dipastikan Cepat Tangani Korban Gempa

    Wahidin mengatakan saat ini terdapat 43 situ yang tersebar di delapan kabupaten/ kota di Banten dan mayoritas situ berada di wilayah Tangerang Raya.

    "Kita baru anggarkan pembuatan batas situ pada tahun ini. Saat ini lagi konsolidasi termasuk tanah negaranya yang mana saja dan nantinya bangunan yang ada di bantaran situ dibongkar," jelasnya.

    Wahidin menuturkan saat ini Pemprov Banten tengah melakukan pendataan dan sertifikasi situ-situ di wilayahnya. "Saat ini kita data situ-situ yang milik pemerintah, kita sertifikasi," jelasnya.

    Sebelumnya Wahidin Halim menyebut Kali Angke perlu dinormalisasi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah banjir di Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

    "Yang perlu dilakukan kedepan, menormalisasi Kali Angke karena kontribusinya cukup besar untuk terulangnya banjir lagi. Kami juga sedang melakukan normalisasi situ-situ," ungkapnya, Selasa, 23 Februari 2021.

    Wahidin mengatakan untuk wilayah Provinsi Banten, di Tangerang Raya terdapat 55 kelurahan terkena banjir yang menjadi langganan setiap tahun. Salah satunya di Kecamatan Periuk yang posisinya berada di bawah sungai.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id