Ketua DPRD Demak Klaim Penyusunan AKD sesuai Tatib

    Rhobi Shani - 18 November 2019 07:18 WIB
    Ketua DPRD Demak Klaim Penyusunan AKD sesuai Tatib
    Rapat Sidang DPRD Kabupaten Demak. Foto: MI/Akhmad Safuan
    Demak: Pimpinan DPRD Kabupaten Demak menyatakan penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD) sudah sesuai dengan tata tertib (tatib). AKD yang ada saat ini merupakan hasil musyawarah anggota fraksi.

    Ketua DPRD Kabupaten Demak, Slamet Bisri, mengatakan tidak ada penyimpangan dalam penyusunan AKD.  Susunan AKD adalah hasil usulan para anggota fraksi.

    "Itu kan (penyusunan AKD) menjadi tanggungjawab ketua partai, sebenarnya bagaimana bisa untuk melakukan lobi-lobi. Seperti itu kan biasa. Kami hanya menyerahkan mau cara mufakat atau voting," ujar Slamet saat dihubungi Medcom.id, Minggu, 17 November 2019.

    Berkait perhitungan proporsional, Slamet menegaskan tidak ada ketentuan yang mengatur. Rumus proporsional yang dimunculkan Fraksi Partai NasDem dinilai hanya kemauan pihak NasDem.

    "Pimpinan hanya memfasilitasi dan memimpin jalannya rapat untuk pemilihan AKD itu. Pemilihan kemarin berdasarkan musyawarah mufakat di tiap-tiap Komisi. Jadi tidak ada ketentuan di dalam tatib seperti itu (perhitungan proporsional)," kata Slamet.

    Pimpinan DPRD Kabupaten Demak telah selesai menyusun AKD. Lima posisi diisi PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra tiga posisi. Kemudian Partai Golkar tiga posisi, sedangkan Partai NasDem memperoleh enam kursi di DPRD Demak atau peringkat lima, tak mendapat posisi dalam AKD.

    Jika dihitung secara proporsional seperti yang disuarakan Fraksi Partai NasDem, semestinya PDI Perjuangan mendapat empat posisi, Partai Golkar dua posisi dan Partai NasDem dua posisi.

    "Hasilnya seperti sekarang. NasDem yang mestinya berdasar perhitungan proporsional mendapat dua posisi menjadi tidak dapat apa-apa," ungkap Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Demak, Budi Achmadi.

    Budi mengatakan fraksi NasDem hanya diundang sekali dalam rapat penyusunan AKD. Pada rapat selanjutnya fraksi NasDem tidak pernah dilibatkan. 

    "Itu sebabnya mendesak pimpinan DPRD Kabupaten Demak segera menyusun ulang AKD," ujarnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id