Debit Air di Sungai Musi Naik hingga Empat Meter

    Gonti Hadi Wibowo - 03 Januari 2020 09:25 WIB
    Debit Air di Sungai Musi Naik hingga Empat Meter
    Sungai Musi di Kota Palembang. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Palembang: Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra (BBWSS) VIII meyebut debit air di Sungai Musi, Sumatra Selatan, mengalami kenaikan hingga empat meter. Kenaikan debit air akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sepanjang awal 2020.

    “Di awal tahun ini debit air Sungai Musi terus mengalami peningkatan hingga empat meter,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Birendrajana, Kamis, 2 Desember 2020.

    Birendrajana mengatakan faktor kenaikan debit air Sungai Musi lantaran hampir setiap hari Kota Palembang dan beberapa daerah di Sumsel hujan dengan intensitas tinggi.

    Tidak hanya Sungai Musi, sungai-sungai kecil di Kota Palembang juga mengalami kenaikan debit air rata-rata hingga satu meter. 

    “Ketinggian debit air bisa terus meningkat karena puncak musim hujan di Sumsel hingga Maret 2020. Bahkan, ketinggian debit air di Sungai Musi pernah naik hingga 10 meter,” jelasnya.

    Menurut dia, tingginya debit air di Sungai Musi membuat aliran air di sungai kecil tertahan. Kondisi ini dapat membuat beberapa wilayah di Palembang tergenang.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiagakan sistem pompa di Sungai Bendung.

    Sistem pompa air yang disiapkan dapat menyedot 6.000 meter kubik air per detik. Pola ini juga berfungsi mereduksi banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) bendung untuk mempercepat aliran ke sungai. 

    “Kita harap dengan disiagakannya pompa di Sungai Bendung dapat mengatasi persoalan banjir yang kerap melanda wilayah Kota Palembang,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id