Pengusaha di Sumsel Dipastikan Tidak Ada yang Hengkang

    Gonti Hadi Wibowo - 29 November 2019 19:00 WIB
    Pengusaha di Sumsel Dipastikan Tidak Ada yang Hengkang
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Palembang: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatra Selatan memastikan tidak ada pengusaha di Bumi Sriwijaya yang pindah akibat tingginya Upah Minimun Kabupaten/Kota (UMK).

    Meski tidak ada pengusaha yang pindah, Apindo menyoroti tidak adanya fasilitas berupa insentif dari pemerintah daerah kepada pengusaha.

    "Sampai hari ini tidak ada pengusaha yang hengkang dari Sumsel akibat UMK yang tinggi seperti kasusnya di pulau Jawa. Di Sumsel tidak ada alasan pengusaha untuk hengkang," kata ketua Apindo Sumsel, Sumardjono Seragih, di Palembang, Jumat, 29 November 2019.

    Sumardjono menjelaskan persoalan banyaknya pengusaha yang hengkang akibat UMK tinggi di Jawa itu berbeda dengan di Sumatra. Biasanya permasalahan di Jawa itu memang di UMK yang lebih besar peningkatannya dibandingkan Sumatera.

    Sumardjono mengaku pengusaha di Sumatra khususnya di Sumsel selalu mengikuti peraturan yang dilakukan pemerintah daerah.

    "Antara pengusaha dan serikat buruh di Sumsel mengenai UMK biasanya melakukan mediasi dulu agar adanya kata kesepakatan," jelas Sumardjono.

    Meskipun tidak ada pengusaha yang hengkang di Sumsel, lanjut Sumardjono, beberapa tahun terakhir tidak ada pengusaha yang masuk ke Sumsel lantaran tidak ada fasilitas insentif dari pemerintah daerah seperti janji untik menghidupkan kawasan industri Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA).

    "Pengusaha di luar tidak bersemangat untuk masuk Sumsel karena tidak ada insentif seperti yang dijanjikan oleh pemerintah daerah seperti menghidupkan KEK TAA yang selama ini belum terealisasi," pungkas Sumardjono.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id