Pembangunan MRT Yogyakarta Harus Selaras dengan Angkutan Perkotaan

    Patricia Vicka - 09 Oktober 2019 16:12 WIB
    Pembangunan MRT Yogyakarta Harus Selaras dengan Angkutan Perkotaan
    Stasiun KA Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Pemda DIY menargetkan pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) di Yogyakarta dimulai pada 2020. Pakar Transportasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Munawar menilai pembangunan MRT dan jalur kereta api ke Borobudur perlu diselaraskan dengan perbaikan angkutan perkotaan.

    Ahmad menjelaskan pemerintah perlu turut menyediakan jalur angkutan perkotaan yang melewati stasiun-stasiun MRT dan kereta api.

    "Perlu dibuat skema transportasi terpadu. Jadi ada angkutan berbentuk bus mulai dari stasiun KA ke jalan raya lain," kata Ahmad kepada Medcom.id di Yogyakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.

    Ahmad menjelaskan angkutan ini akan menarik masyarakat naik MRT ketimbang mobil pribadi. Lantaran mempermudah dan mempercepat mobilisasi antar kabupaten dan kota. Tanpa adanya angkutan yang terintegrasi, warga malas naik MRT.

    "Kalau dari stasiun MRT enggak ada angkutan, ya enggak efektif menekan kemacetan," jelas Ahmad.

    Ahmad menilai Yogyakarta belum membutuhkan MRT untuk jangka pendek untuk mengatasi kemacetan. Sebaliknya ia menyarankan pemerintah untuk memperbaiki dan membangun jalur kereta api.

    "MRT sebaiknya ada untuk jangka panjang 25 tahun lagi. Kalau sekarang KA prameks diganti sama KA listrik saja cukup," beber Ahmad.

    Selain itu pemerintah diminta mempertimbangkan kembali pembangunan MRT. Lantaran jalur MRT yang elevated membutuhkan biaya yang sangat besar.

    MRT dibangun di Yogyakarta untuk menghubungkan antar kabupaten dan kota. Selain itu MRT juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang semakin meningkat di kota gudeg ini. saat ini pembangunan masih memasuki proses studi visibilitas.

    Pemda tengah mencari investor yang bersedia untuk membangun jalur MRT. Jalur MRT akan dimulai dari Kecamatan Tempel di Kabupaten Sleman hingga Srandaan Kabupaten Bantul.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id