Dosen UGM yang Bunuh Diri Mengalami Gangguan Syaraf

    Patricia Vicka - 16 Agustus 2019 15:10 WIB
    Dosen UGM yang Bunuh Diri Mengalami Gangguan Syaraf
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Budi Setiyanto diketahui mengalami gangguan syaraf dan keseimbangan hormonal sebelum ditemukan tewas karena gantung diri. Rekan Budi bernama Eka Firmansya menduga penyakit inilah yang mengakibatkan kondisi emosinya tidak stabil.

    "Beliau dalam pengobatan dokter dan tengah cuti untuk berobat selama tiga bulan," kata Eka yang  menjabat Kepala Unit Pengembangan SDM Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi di Yogyakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

    Eka menjelaskan meninggalnya Budi Setiyanto membuat kehilangan seluruh sivitas akademika khususnya di Fakultas Teknik. Sementara Dekan Fakultas Teknik, Nizam melihat sosok almarhum adalah sosok yang cerdas, sederhana, dan bersahaja.

    "Banyak karya akademisnya di jurnal dalam negeri maupun internasional. Tahun lalu beliau selesai S3 dengan hasil cum laude. Kami semua kehilangan rekan kerja yang sangat baik," ungkap Nizam. 

    Sementara teman satu angkatan almarhum, Lukito Edi Nugroho mengatakan Budi dikenal sebagai sosok yang jenius dan ahli di bidang telekomunikasi.

    "Di kalangan mahasiswa ia dikenal sebagai ahli ilmu dasar, seperti kalkulus, medan listrik magnet dan pengolahan isyarat," tutur Lukito.

    Lukito sempat mengenang ketika zaman kuliah dulu almarhum pernah mengajarinya tentang materi teori fungsi variabel kompleks dan mata kuliah yang sulit lainnya. "Cara menjelaskannya membuat sesuatu yang rumit terlihat lebih sederhana," ungkap Lukito.

    Sebelumnya jenazah Budi ditemukan adiknya tergantung tali tambang di kusen pintu taman belakang. Sebelum meninggal Budi menunjukkan tanda-tanda depresi yakni berdiam diri dan kerap menyendiri. Keluarga menyebutkan almarhum tengah menjalani pengobatan rawar jalan sejak pertengahan tahun 2019.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id