Kekeringan Panjang Berdampak Penurunan Produktivitas Pangan

    Muhammad Syawaluddin - 26 November 2019 15:45 WIB
    Kekeringan Panjang Berdampak Penurunan Produktivitas Pangan
    Mentan Syahrul Yasin Limpo saat melepas ekspor ayam. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
    Makassar: Kekeringan berkepanjangan yang melanda Indonesia membuat produktivitas pangan khususnya di bulan November ini menurun. Hal itu diakui oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

    "Kekeringan yang cukup panjang berdampak pada sektor pertanian. Oleh karena itu November kita minus," kata Syahrul di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 26 November 2019.

    Menurut Syahrul penurunan tertinggi yang terjadi di Desember akan jauh lebih besar, mengingat hingga saat ini di beberapa wilayah di Indonesia masih kekeringan. Meski demikian Syahrul yakin devisit pangan tahun ini akan tertutupi di tahun berikutnya.

    "Jadi minusnya itu tidak besar (November) yang besar di Desember, tapi kita akan tutup itu, kita mulai panen besar nanti Januari. Sudah tidak minus lagi, nanti," jelas Syahrul.

    Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga mengatakan bahwa dengan perhitungan tersebut kekurangan saat ini dengan cadangan yang ada akan mampu bertahan hingga musim panen tahun depan tiba. 

    "Sisa cadangan yang sudah ada insyaallah bisa memberi daya tahan," ungkap Syahrul.

    Terkait upaya impor beras untuk menutupi kekurangan saat ini, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Impor bukan hal yang haram selama seluruh daya dan upaya telah dilakukan untuk menutupi kekurangan tersebut. 

    "Pertanian itu sangat tergantung kondisi cuaca, hama, bahkan bencana. Kita tidak tahu bagaimana besok. Tapi dari analitik teknokratik yang kita miliki, melihat perkembangan agroklimaks dan sebagainya kita yakin bisa surplus," pungkas Syahrul.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id