Mobil dan Duit Disita dari Tersangka Korupsi Pengadaan Bawang

    Palce Amalo - 12 Maret 2020 16:28 WIB
    Mobil dan Duit Disita dari Tersangka Korupsi Pengadaan Bawang
    Barang bukti berupa uang yang disita terkait kasus dugaan korpusi pengadaan benih bawang di Kabupaten Malaka, di Kupang, Kamis (12/3). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)
    Kupang: Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menyita satu mobil senilai Rp400 juta dan uang tunai Rp665.696.000. Barang bukti itu disita dari delapan tersangka korupsi pengadaan benih bawang di Kabupaten Malaka 2019. 

    "Total penyelamatan uang negara dari kasus ini sebesar Rp1.065.696.000," kata Direktur Reserse dan Kriminal (Direskrimsus) Polda NTT Kombes Heri Tri Mariyadi di Polda NTT, Kupang, melansir Antara, Kamis, 12 Maret 2020.

    Dia mengungkap total kerugian negara dari kasus korupsi tersebut sebesar Rp4,9 miliar. Namun, dana yang belum terselamatkan Rp3,9 miliar.

    "Adapun anggaran proyek tersebut sebesar Rp9,6 miliar," ucapnya.

    Baca: Korupsi Rp4,9 Miliar, Pejabat Kabupaten Malaka Ditahan

    Dia mengungkap dana korupsi paling banyak diselamatkan dari tersangka Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan berinisial MB sebesar Rp250 juta. Kemudian mobil Honda HRV seharga Rp400 juta dari tersangka SS, yang merupakan makelar dalam proyek tersebut.

    Sedangkan tersangka lainnya ialah Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Malaka YN, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) YKB, dua orang Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa yakni AKA dan KAK, makelar kedua, EPM, dan Direktur Utama CV Timindo, SB.

    "Masih ada satu tersangka berinisial BT yang menjabat Kuasa Direktur CV Timindo. BT adalah tersangka ke-9, suda dilayangkan surat pemanggilan dan kita sedang menanti kehadiranna. Kalau tidak hadir, akan dilakukan upaya hukum lain," ucap dia.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id