Ridwan Kamil Negatif Virus Korona

    Roni Kurniawan - 16 Maret 2020 15:54 WIB
    Ridwan Kamil Negatif Virus Korona
    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Medcom.id/ Roni Kurnuiawan
    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan istri, Atalia Praratya, dinyatakan negatif virus korona covid-19 usai tes di Gedung Pakuan, Minggu, 15 Maret 2020. Tes tersebut dilakukan lantaran Ridwan Kamil pernah bertemu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang dinyatakan positif korona.

    "Saya pribadi sudah dites kemarin terkait dengan berita Pak Menteri Perhubungan yang sakit. Hasilnya sudah keluar, saya dan Ibu Atalia negatif. Alhamdulillah," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin, 16 Maret 2020.

    Baca: RSUD Sidoarjo Batasi Pengunjung Pasien

    Gubernur yang akrab disapa Emil ini pernah bersamaan dengan Budi Karya pada 1 Maret lalu saat mengawal transit 69 anak buah kapal Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka.

    "Kita doakan (Budi Karya) lekas sembuh. Publik bertanya-tanya karena saya berada di suatu peristiwa yang berbarengan di Kertajati. Maka saya sesuai prosedur memeriksakan diri," jelas Emil.

    Emil melakukan tes dengan sistem proaktif, artinya petugas medis datang untuk mengambil sampel dan bisa langsung diketahui hasilnya selama lima jam. "Kebetulan dengan konsep tes proaktif, sehingga kita tidak harus menunggu ke jakarta, kita bisa lakukan tes mandiri," ungkap Emil.

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Berli Hamdani, mengatakan Emil bersama istri dipastikan negatif korona berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Jabar.

    "Test kit Labkes Jabar pakai PCR (Polymerase Chain Reaction) sertifikat BSL 2+. Mesinnya kerja sama dengan FK UNPAD dan ITB," kata Berli.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id