3.042 Pekerja di Kota Tangerang di-PHK

    Hendrik Simorangkir - 09 April 2020 14:52 WIB
    3.042 Pekerja di Kota Tangerang di-PHK
    Ilustrasi - - Foto: dok MI
    Tangerang: Ribuan pekerja di Kota Tangerang, Banten, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi virus korona (covid-19). Sebanyak 53 perusahaaan yang terdampak sudah melapor ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang. 

    "Jumlah yang dirumahkan ada 651 orang, dan jumlah PHK 3.042. Jadi total ada 3.693 orang. Sejauh ini ada 53 perusahaan yang terdampak sudah melapor ke Disnaker," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kamis, 9 April 2020.

    Pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Kementerian Tenaga Kerja, terkait permohonan mendapatkan kartu pra kerja demi meringankan pekerja terdampak. Arief menambahkan pihaknya pun tengah berupaya mengantisipasi PHK  besar-besaran di kota yang dijuluk kota seribu industri tersebut.

    "Sementara ini kita mempersiapkan jaring pengaman sosial. Jadi buat masyarakat terdampak covid-19 termasuk kena PHK dan lain sebagainya sudah terus didata dan nantinya kita bantu," terangnya.

    Baca: Pekerja yang Kena PHK Dapat Pelatihan dari Kemenaker

    Arief pun menerangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyiapkan anggaran Rp138 miliar untuk penanganan covid-19. Pihaknya masih menunggu konfirmasi perihal bantuan dari pemerintah pusat. 

    "Karena kemarin informasinya pemerintah pusat baru memberikan yang di Jakarta. Untuk yang wilayah Bodetabek ini kita masih nunggu informasi. Yang pasti kita berikan adalah diluar dari program pemerintah pusat," jelasnya.

    Sementara itu, perihal  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Arief mengaku tengah menyelaraskan penanganan ke sejumlah kepala daerah di Jabodetabek, untuk persiapan terhadap dampak PSBB.

    "Bagaimana menyamakan persepsi menyelaraskan langkah-langkah yang akan dilakukan Jakarta pasti akan berdampak ke daerah penyanggah Ibu Kota," pungkasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id