Sistem Peringatan Dini Bencana di YIA Diklaim yang Tercanggih

    Ahmad Mustaqim - 10 Februari 2020 17:41 WIB
    Sistem Peringatan Dini Bencana di YIA Diklaim yang Tercanggih
    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (Foto: Medcom.id/Mustaqim)
    Kulon Progo: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memasang disaster early warning system (DEWS) atau sistem peringatan dini bencana di Yogyakarta International Airport (YIA) Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peralatan itu diklaim sebagai yang tercanggih se-Indonesia.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, DEWS di YIA akan mampu diawasi dari luar kota melalui remot kontrol. Baik yang berfungsi sebagai pendeteksi gempa maupun tsunami.

    "Seandainya di sini (YIA) terjadi kerusakan, kita masih bisa lakukan monitoring. Tidak tergantung alat di sini," kata Dwikorita di YIA Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Senin, 10 Februari 2020. 

    Ia menyebut, kontrol DEWS di YIA bisa dilakukan dari Kantor BMKG Kemayoran, Jakarta. Menurut dia, sistem itu disebut bagian dari rencana kontijensi. Artinya, sistem telah disesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

    "Peladennya juga. Misalnya, terjadi gempa magnitudo 8,8. Ini gempa terkuat. Meskipun ada apa-apa di sini (YIA), sistem itu tetap berjalan," beber dia.

    Dwikorita berharap, selain DEWS, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa menyiapkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana. Termasuk aspek sosial di dalamnya. 

    "Jadi meskipun namanya YIA, sistem jejaringnya luas. Ada BPBD di DIY terlibat, Kabupaten Kulon Progo juga terlibat. Terintegrasi dalam satu sistem. Itu yang sedang kita tuntaskan hari ini," jelasnya.

    Ia menambahkan, BMKG juga memasang radar khusus pemantau cuaca di area YIA. Radar akan membuat kegiatan pemantauan lebih fokus dengan data akurasi tinggi.

    "Radar yang akan kami pasang itu khusus mendeteksi cuaca di lingkup bandara, lebih fokus, akurat, dan presisi," pungkasnya.



    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id