Wilayah Terdampak Banjir di Luwu Utara Diminta Dikosongkan

    Muhammad Syawaluddin - 05 Agustus 2020 12:43 WIB
    Wilayah Terdampak Banjir di Luwu Utara Diminta Dikosongkan
    Ilustrasi. Kondisi Kabupaten Luwu Utara setelah diterjang banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu lalu. ANTARA Foto/HO-Ist
    Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, meminta Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengosongkan daerah di Kecamatan Masamba yang diterjang banjir susulan pada Selasa malam, 4 Agustus 2020. Permintaan itu sebagai langkah antisipasi jika cuaca tidak menentu.

    "Kepada pemerintah daerah, supaya daerah Masamba yang menjadi sasaran banjir ini, itu dikosongkan dulu," kata Nurdin di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 5 Agustus 2020.

    Nurdin menjelaskan saat ini sungai belum berfungsi normal pascabanjir beberapa waktu lalu. Sedimentasi yang terbawa banjir masih belum bersih secara total dan menumpuk di beberapa titik sungai.

    mantan Bupati Bantaeng itu juga meminta Pemerintah Kabupaten Luwu Utara segera merevitalisasi sungai yang ada di Kecamatan Masamba agar aliran sungai kembali normal.

    "Sedimentasi yang begitu tinggi, sehingga membuat aliran sungai tidak bekerja secara optimal. Oleh karena itu saya berharap segera dilakukan revitalisasi sungai dan itu menjadi tugas kita, kita sudah bagi tugas," jelasnya.

    Baca: Luwu Utara Banjir Lagi

    Sebelumnya banjir susulan kembali menghantam Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Masamba. Setelah hujan deras mengguyur selama beberapa hari sehingga menyebabkan tanggul sungai jebol.

    "Iya debit airnya naik karena hujan terus menerus," kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

    Ia mengatakan naiknya air di Masamba lantaran adanya pendangkalan sungai akibat banjir bandang yang sebelumnya terjadi pada 13 Juli 2020 lalu. Meskipun, saat ini tim dari balai dan beberapa pihak terus melakukan pembersihan.

    Indah juga menjelaskan proses pembersihan itu terkendala lantaran cuaca di Kabupaten Luwu Utara tidak menentu. Bahkan, beberapa hari terakhir hujan terus mengguyur daerah yang baru saja terendam banjir dan lumpur itu.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id