comscore

13 Ternak Terinfeksi PMK, Pemkab Wonogiri Tutup Semua Pasar Hewan

Triawati Prihatsari - 23 Mei 2022 17:29 WIB
13 Ternak Terinfeksi PMK, Pemkab Wonogiri Tutup Semua Pasar Hewan
Ilustrasi Medcom.id
Wonogiri: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, Jawa Tengah memutuskan untuk menutup sementara semua pasar hewan selama dua pekan ke depan. Penutupan pasar hewan dimulai Senin, 23 Mei 2022 dilakukan setelah 13 sapi di daerah tersebut terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Penutupan dilakukan setidaknya selama dua minggu. Keputusan ini diambil setelah ditemukan 13 sapi tepatnya di Kecamatan Pracimantoro terpapar PMK," ujar Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, di Wonogiri, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022.
Menurutnya, kebijakan penutupan sementara seluruh pasar hewan selama dua pekan tersebut diambil sebagai langkah antisipasi penyebaran PMK semakin meluas. Ke 13 ekor sapi terpapar PMK tersebut diketahui setelah tim gabungan Pemkab melakukan pemeriksaan di Pasar Sapi Pracimantoro pada Senin pagi.

Baca: 10 Sapi di Kota Bandung Suspek PMK

Dia menambahkan, ke 13 sapi terpapar PMK tersebut berasal dari luar Kabupaten Wonogiri. Hal itu diketahui berdasarkan data ari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri.

"Data di lapangan lengkap, by name. Dan diketahui sapi yang terpapar PMK tersebut merupakan ternak yang berasal dari luar Wonogiri," ungkapnya.

Selama dilakukan lockdown sementara seluruh pasar hewan di Wonogiri selama dua pekan tersebut, Dislapernak Wonogiri akan memantau secara intensif di lapangan. Pemantauan dilakukan agar tidak ada pasar hewan yang nekat buka selama periode tersebut.

"Penutupan juga untuk melokalisasi penemuan kejadian PMK ini, jadi tidak menyebar ke kecamatan lain. Dan selama penutupan itu juga, camat dan kepala desa diinstruksikan untuk memberikan edukasi  pada warganya khususnya peternak koordinasi bersama mantri hewan," bebernya. 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id