comscore

Kota Bandung akan Buat Fasilitas Pendukung Kereta Cepat

Media Indonesia.com - 16 Februari 2022 11:42 WIB
Kota Bandung akan Buat Fasilitas Pendukung Kereta Cepat
Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung - - Foto: dok MI
Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, akan membangun jalan layang (flyover) sepenjang 700 meter guna mengatasi lonjakan kendaraan saat Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) beroperasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, bersama tim Direktorat Jenderal Perkerataapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Jawa Barat (Jabar), dan satuan kerja perangkat daerah terkait telah meninjau langsung titik lokasi yang akan dibangun flyover, pada Selasa, 15 Februari 2022.
"Pemerintah dan masyarakat perlu berkomitmen bersama untuk mencari solusi terbaik atas kendala-kendala yang akan terjadi di kemudian hari. Karena ada beberapa area yang harus kita bebaskan lahannya," kata Ema, Rabu, 16 Februari 2022.

Menurut Ema, ada kemungkinan merelokasi ruang usaha dan permukiman warga di lahan yang akan dibangun flyover. Ia bersama pihak terkait akan memastikan terlebih dulu skema relokasi.

Baca juga: 7 Daerah di Kalsel PPKM Level 3

"Jangan sampai masyarakat itu dirugikan," kata dia.

Lebih lanjut, Ema mengarahkan para camat dan lurah mendata jumlah warga yang terkena dampak dari pembangunan flyover. Mulai dari jenis usaha hingga jumlah rumah legal yang terdampak.

"Proses negosiasi ini yang harus dilakukan harus ada komitmen bersama karena ini berbicara tentang manfaat dan kepentingan jangka panjang. Jangan sampai kita menyelesaikan masalah dengan masalah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan DJKA Kemenhub Provinsi Jabar, Ari Yudanto, memaparkan, flyover Ciroyom akan mulai dibangun tahun ini dan ditargetkan selesai pada 2023. Skema jalur flyover ini akan dibuat berputar arah dari Arjuna ke Ciroyom. 

Dari hasil perhitungan bersama konsultan pembangunan, skema seperti ini akan lebih menghemat biaya konstruksi dan tidak terlalu banyak wilayah yang terkena dampak.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id