comscore

BBKSDA Papua Barat Gagalkan Penyeludupan Satwa Langka di Bandara Sorong

Antara - 30 Maret 2022 18:33 WIB
BBKSDA Papua Barat Gagalkan Penyeludupan Satwa Langka di Bandara Sorong
ilustrasi/Medcom.id
Papua Barat: Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua Barat bersama aparat kepolisian Polres Sorong Kota menggagalkan penyelundupan satwa liar dilindungi di Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong. Satwa liar yang diamankan adalah reptil dengan jenis biawak ekor biru sebanyak 29 ekor.

Ada juga biawak bunga tanjung sebanyak 5 ekor, biawak pohon tutul biru sebanyak 21 ekor, biawak hijau  37 ekor, dan biawak maluku 4 ekor. Selain itu, ada satu ekor kadal papua, ular sanca hijau 17 ekor, ular boa tanah satu ekor, dan ular sanca irian satu ekor.
"Kami juga amankan ular beby albertisi sebanyak 30 ekor, serta ular boa pohon sebanyak 11 ekor," kata Kasat Reskrim Polres Sorong Kota, Iptu Ach Elsyarif Martadinata, Rabu, 30 Maret 2022.
 
Elsyarif mengatakan barang bukti puluhan reptil tersebut langsung diamankan  petugas BBKSDA Papua Barat untuk dilakukan pendataan dan pengecekan kesehatan. Setelah itu, hewan tersebut akan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut.

Baca: Nuri Hitam di Pulau Seram Terancam Punah
 
Ia menuturkan pihaknya akan melakukan proses hukum terhadap pelaku baik yang melakukan pengiriman reptil maupun pemesan. 
 
"Kami juga masih melakukan pendalaman tentang keterlibatan orang dalam petugas bandara dalam upaya penyelundupan ini," ujarnya.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id