Pemprov Jatim Disarankan Siapkan Pusat Isolasi di Desa/Kelurahan

    Amaluddin - 01 Agustus 2021 15:19 WIB
    Pemprov Jatim Disarankan Siapkan Pusat Isolasi di Desa/Kelurahan
    Petugas melakukan tes antigen kepada warga. ANTARA/Aprionis



    Surabaya: Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, menyarankan Pemprov Jatim membentuk pusat isolasi terpadu (isoter) di setiap desa/kelurahan. Tempat itu nantinya untuk tempat isolasi mandiri bagi pasien covid-19 warga setempat.

    "Covid sudah menyeruak hingga ke desa-desa. Gagasan isoter di tiap desa dan kelurahan ini karena menyeruaknya semakin luas," kata Untari di Surabaya, Minggu, 1 Agustus 2021.

     



    Baca: Ditagih Tunggakan, Seorang Pria di Medan Malah Ludahi Petugas PLN

    Untari menjelaskan dalam rangka mempersiapkan balai desa dan kelurahan isolasi terpadu, harus ditunjang dengan penyediaan fasilitas kesehatan seperti bed, kamar tidur dan oksigen yang memadai. Oleh sebab itu pemerintah harus melakukan upaya refocusing anggaran, untuk mempersiapkan sarana dan prasarana isoter.

    "Persebaran klaster keluarga harus menjadi perhatian serius antara Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Daerah di bawahnya. Melalui pusat isolasi terpadu dan terpusat ini, setidaknya dapat menekan persebaran klaster keluarga," jelasnya.

    Anggaran yang dapat dilakukan refocusing, dapat berupa Anggaran Refocusing Pemerintah Daerah, dan Anggaran Refocusing Pemerintah Provinsi. Serta dapat juga menggunakan Dana Desa, yang oleh Pemerintah Pusat, penggunaannya dapat dialokasikan untuk penanganan covid-19.

    "Ini semua dihitung dan masing-masing ini akan dibantu dengan jumlah populasi yang berbeda maka bed akan berbeda juga," jelasnya.

    Menurut Untari langkah ini dapat menjadi rujukan kebijakan, berkaca dari efektivitas Kampung Tangguh dapat melakukan penanganan pandemi covid-19 di tingkatan paling mikro.

    Apabila langkah ini akan dijalankan oleh pemerintah, maka harus ada sosialisasi secara masif kepada warga di tiap daerah, melalui tokoh-tokoh masyarakat yang ada di tiap kelurahan maupun kecamatan.

    "Untuk tenaga kesehatannya bisa ambil dari Puskesdes dan Polindes, atau bisa merekrut relawan yang ada. Mereka bisa direkrut untuk membantu penguatan kampung tangguh," ungkapnya.

    Selain itu pelaksanaan isoter juga dapat memberikan ketenangan secara psikologis bagi pasien covid-19. Pasalnya pasien lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan terdekatnya. Adanya dukungan secara moril dari masyarakat sekitar, juga memiliki kontribusi cukup besar mempercepat pemulihan warga terinfeksi covid-19.

    "Kita kampanyekan, melalui psikis yang sehat dan mental yang kuat, maka akan memperkuat dan menjaga imun kita untuk lebih fit," ujarnya.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id