Sandiaga Dorong Salatiga Menuju Kota Gastronomi

    Whisnu Mardiansyah - 20 Juni 2021 04:10 WIB
    Sandiaga Dorong Salatiga Menuju Kota Gastronomi
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Kemenparekraf



    Salatiga: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung upaya Kota Salatiga menuju Kota Gastronomi dalam Unesco Creative Cities Network (UCCN) 2021. Itu disampaikan Sandi saat menghadiri Salatiga International Gastronomi Conference yang digelar secara daring.

    Sandi menilai Kota Salatiga memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Salah satunya melalui city of memory yang bisa dipadupadankan dengan storynomics tourism atau pendekatan pariwisata yang dikemas dalam cerita atau konten tentang budaya maupun sejarah.

     



    Menurut dia, stakeholder gastronomi di Kota Salatiga sangat luas dan itu merupakan daya tarik wisata ekonomi kreatif. Sandi meminta kualitas makanan lokal yang menjadi meal experience tourism ditingkatkan.

    Begitu juga dengan kualitas pelayanan, kebersihan, dan kesehatan menjadi prioritas utama. Sandi ingin ada suasana yang menyenangkan, harga yang terjangkau, dan ada cerita di balik makanan.

    “Itulah strategi inovasi yang harus kita kembangkan dalam customer journey on digital platform. Strategi adaptasi dan kolaborasi harus kita tingkatkan, apalagi kita saat ini sedang berada di tengah pandemi,” kata Sandi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 Juni 2021.

    Baca: Sandiaga Dorong Geopark Ramang-ramang Masuk Destinasi Dunia

    Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan Pemkot Salatiga tengah mengikuti Kompetisi Jaringan Kota Kreatif Dunia yang diselenggarakan UNESCO. Kota Salatiga dipresentasikan sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang kaya sejarah dan kuliner tradisional melegenda.

    “Salah satu makanan tradisional Kota Salatiga telah tertulis dalam Serat Centhini, yang menyatakan jika kuliner Sambal Tumpang telah ada sejak tahun 1914 sampai 1923. Atas dasar itu, dari tujuh sektor yang ada di Kota Kreatif Dunia, Kota Salatiga memutuskan untuk memilih sektor gastronomi tanpa melepaskan dari pengaruh sejarah sebelumnya,” ungkap Yuliyanto.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id