Lurah Paninggilan Utara Ciledug Mengakui Minta Uang Pelicin Urus Surat Waris

    Hendrik Simorangkir - 06 Agustus 2021 13:36 WIB
    Lurah Paninggilan Utara Ciledug Mengakui Minta Uang Pelicin Urus Surat Waris
    ilustrasi Medcom.id



    Tangerang: Pihak Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, sudah memeriksa terhadap viralnya video pungutan liar (pungli) tanda tangan surat ahli waris di Kelurahan Paninggilan Utara.

    Camat Ciledug, Syarifudin, mengatakan pelaku pungli yang meminta uang Rp250 ribu tersebut adalah Lurah Peninggilan Utara bernama Tamrin.

     



    "Iya itu lurahnya (yang melakukan praktik pungli)," kata Syarifudin di Tangerang, Jumat, 6 Agustus 2021.

    Baca: Oknum Kelurahan di Tangerang Pungli Pembuatan Surat Ahli Waris

    Syarifudin menjelaskan pihaknya telah memanggil Tamrin untuk dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan itu, Tamrin mengakui telah melakukan pungli seperti yang ada di dalam video viral di medsos.

    "Sudah dipanggil. Sudah saya kasih arahan. Dia (Tamrin) mohon maaf dan enggak akan mengulangi lagi kejadian itu," jelas Syarifudin.

    Syarifudin menegaskan warga yang hendak mendapatkan pelayanan dari pemerintahan seharusnya tidak dibebankan dengan biaya. Dia menambahkan praktik pungli yang dilakukan Tamrin merupakan tindakan yang salah.  

    "Jadi di sini konteksnya itu bukan lebih ke anak yatimnya. Anak yatim tidak kami bedakan, kalau berkasnya enggak lengkap terus diloloskan, ya, enggak juga. Siapapun dia (pemohon), yang memang memohon ke pemerintah, kalau memang formnya tidak lengkap, ya tidak kami tanda tangani," ungkapnya.

    Menurut Syarifudin pihak yang bakal memberi sanksi kepada Tamrin adalah Inspektorat Kota Tangerang dan bukan dari pihak Kecamatan Ciledug. Hukuman tersebut diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan.

    "Kecamatan bukan OPD (organisasi perangkat daerah) yang melakukan punishment. Inspektorat yang melakukan pemeriksaan sejauh mana tingkat kesalahan yang dilakukan," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id