Ratusan Siswa di Kendal Diduga Keracunan Makanan saat Kemah

    Akhmad Safuan - 12 Oktober 2019 12:39 WIB
    Ratusan Siswa di Kendal Diduga Keracunan Makanan saat Kemah
    Ilustrasi. (Foto: MI/Benny Bastiandy)
    Kendal: Ratusan Siswa SMA Negeri 1 Weleri dibawa ke rumah sakit diduga mengalami keracunan makanan saat mengikuti kegiatan kemah sekolah. Para siswa dirawat di empat rumah sakit, yakni RS Islam Kendal, RS Baitul Hikmah, Klinik Utama Karunia Medika, dan Puskesmas Rowosari 2.

    "Keluhan mereka sama yakni kepala pusing dan mual, mereka langsung ditangani tim medis untuk pemulihan dan setelah beberapa jam sebagian diperbokehkan rawat jalan," kata seorang petugas medis di RSI Kendal, Sabtu, 12 Oktober 2019.

    Kepala sekolah SMA Negeri 1 Weleri, Eustasia Christine mengatakan siswa mengeluh mual dan pusing usai menyantap nasi beserta lauk ayam tepung yang disediakan sekolah saat kemah. Kegiatan sekolah itu pun diakhiri lebih cepat.

    Menurut Eustasia, kemah diikuti sisawa kelas 11 dan 12 sebanyak 600 sekolah. Sebanya 118 siswa yang mengeluh sakit cukup berat langsung dirujuk ke rumah sakit secara bergelombang.

    "Akibat kejadian itu kemah blok dihentikan lebih cepat dan sebagian besar telah dipulangkan dan dijemput pihak keluarga," kata Cristine.

    Hingga kini, kata dia, sekolah dibantu Dinas Kesehatan Kendal melakukan investigasi kasus keracunan itu. "Dinkes juga sudah mengambil sampel makanan untuk diteliti," imbuhnya.

    Selain itu, kepolisian juga telah melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan sejumlah pihak. Di antaranya, siswa, guru, dan penyedia makanan untuk mengungkap permasalah ini.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id