Batam Tetapkan UMK 2020 Rp4,1 Juta

    Hendri Kremer - 22 November 2019 13:20 WIB
    Batam Tetapkan UMK 2020 Rp4,1 Juta
    ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Batam: Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun depan resmi ditetapkan sebesar Rp4.130.279. Kenaikan UMK telah ditandatangani oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau berdasarkan Permenaker Nomor 15 Tahun 2018 Pasal 11 Ayat (5).

    Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Provinsi Kepri, Tagor Napitulu, membenarkan, UMK Batam telah disahkan dan berlaku efektif mulai November 2019.

    "Sebenarnya tadi malam mau ditandatagani di Batam, tapi karena Pak Gubernur langsung balik ke Tanjung Pinang karena ada agenda yang tidak bisa dilewati, makanya hari ini ditandatangani," katanya, Jumat, 22 November 2019.

    Ketua Asosiasi Pengusa Indonesia (Apindo) Kota Batam Rafki Rasyid menilai besaran UMK Batam yang resmi ditetapkan itu sesuai dengan PP 78 Tahun 2015.

    "Apindo komitmen dengan PP itu, jika tidak sesuai dengan PP maka maka Apindo akan menolak," ujar dia.

    Setiap kenaikan UMK, lanjut dia, yang dikhawatirkan adalah perusahaan akan melakukan rasionalisasi. Hal itu dapat mengurangi tenaga kerja hingga pemutusan hubungan kerja.

    Menurutnya bagi perusahaan yang memiliki anak perusahaan yang banyak akan berdampak besar. "Jika biaya naik, harga jual produknya akan dinaikkan. Jika harga produknya naik, akan kalah saing nanti dengan Vietnam misalnya," katanya. (ADI)



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id