Banjir Bandang Disertai Lumpur Terjang Desa Poi Sigi

    Antara - 08 Desember 2019 14:11 WIB
    Banjir Bandang Disertai Lumpur Terjang Desa Poi Sigi
    Warga terdampak banjir bandang di Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto: ANTARA/Mohammad Hamzah)
    Sigi: Banjir bandang disertai lumpur menerjang permukiman warga di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

    Camat Dolo Selatan, Jalil, mengatakan, banjir terjadi pada Minggu pagi, 8 Desember 2019, sekitar pukul 05.00 WITA.

    "Banjir terjadi sekitar pukul lima (pagi), ini karena sedimen yang di atas gunung. Makanya setiap hujan pasti banjir," kata dia, melansir Antara.

    Menurut Jalil, banjir lumpur yang terjadi diduga karena penurunan kualitas hutan di gunung yang terletak bagian barat desa. Sehingga banjir juga membawa material kayu dan batu.

    Akibatnya, sejumlah rumah warga, tempat ibadah, dan sekolah terendam. Bahkan akses Palu-Bangga di Desa Poi atau jalan trans provinsi yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Sigi tertutup, karena terdampak lumpur dan material yang dibawa air.

    Untuk mengantisipasi adanya banjir susulan, saat ini sejumlah warga di desa tersebut diungsikan ke tempat yang lebih aman.

    "Ada sejumlah warga mengungsi ke Huntara, yang lainnya masih tetap di rumah masing masing. Tapi kita harus tetap waspada," katanya.

    Pantauan di lokasi, sejumlah warga mulai membersihkan rumah dan menyelamatkan barang mereka yang terendam banjir. Tidak hanya itu, alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum juga telah berada di lokasi banjir untuk mengeruk sejumlah material lumpur yang terbawa bah.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id