Kemenkes Gandeng Lemsaneg dan KPI Cegah Hoaks

    Octavianus Dwi Sutrisno - 09 September 2019 19:52 WIB
    Kemenkes Gandeng Lemsaneg dan KPI Cegah Hoaks
    Menteri Kesehatan, Nila Moeloek (kiri) di Gedung Universitas Indonesia, Senin, 9 September 2019. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno
    Depok: Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengeluhkan banyaknya informasi bohong seputar dunia kesehatan yang dirasa menyesatkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenkes menggandeng lembaga sandi negara (Lemsaneg) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

    "Hoaks terbanyak di pengobatan. Mulai dari obat ini semua bisa sembuh dari sakit mata, kanker ini sudah diteliti belum nah masyarakat itu sudah percaya begitu saja," kata Nila di Gedung Universitas Indonesia, Senin, 9 September 2019.

    Nila mencontohkan lagi, salah satu hoaks yang sempat jadi sorotannya adalah terkait dengan pengobatan saraf melalui media air. Menurut Nila, alih-alih bisa sembuh pasien bisa langsung sembuh hanya dengan mencelupkan kaki di dalam air yang telah disediakan.

    "Ada juga yang katanya dicemplungkan kaki semua bisa sembuh, sarafnya bagus lagi. Tolonglah masyarakat jangan dibodohi," jelas Nila.

    Oleh sebab itu Nila juga berharap masyarakat harus lebih jeli dalam menerima informasi. Ketika disinggung ada berapa jumlah hoaks yang tersebar pada bidang pengobatan, Nila mengaku tidak terlalu tahu terkait jumlahnya.

    "Banyak sekali yang lain. Jumlahnya saya enggaka hafal tapi kita sudah kerjasama dengan KPI," pungkas Nila.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id