Pemkab Bekasi Petakan Titik Rawan Banjir

    Antara - 29 November 2019 16:01 WIB
    Pemkab Bekasi Petakan Titik Rawan Banjir
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Cikarang: Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memetakan sejumlah sungai di Bekasi yang menjadi titik rawan banjir saat musim hujan. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menyebut pendangkalan sungai di wilayahnya menjadi salah satu penyebab banjir saat musim hujan tiba.

    "Tumpukan sampah juga semakin memperparah kondisi sungai," katanya, melansir Antara, Jumat, 29 November 2019.

    Beberapa sungai yang tergolong rawan banjir, menurut Eka, yakni Kali Jambe, Kali Blencong, dan Kali Ulu.

    "Ada beberapa sungai yang sudah kita cek. Tapi tentu saja kita juga melibatkan masyarakat. Kita mulai melakukan gerakan untuk mengantisipasi bencana saat musim hujan," ujarnya.

    DPRD Kabupaten Bekasi juga sempat merekomendasikan untuk menormalisasi sejumlah sungai. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya beberapa kali di Kabupaten Bekasi menjadi penyebab banjir di pemukiman.

    Menurut Eka, normalisasi mengatasi sedimentasi sudah dilakukan Pemkab Bekasi. Namun persoalan lain kembali muncul yakni sampah yang menumpuk di sungai sehingga menghambat aliran air.

    "Normalisasi sudah kita lakukan. Tapi untuk sampah di sungai perlu diketahui juga kalau sampah itu bukan dari Kabupaten Bekasi saja tapi juga dari daerah luar. Seperti di Kali Jambe. Nah ini yang menjadi kendala kita," jelas dia.

    Salah satu upaya mencegah sampah daerah lain masuk ke sungai di wilayah Kabupaten Bekasi dengan memasang jaring di sungai yang posisinya berbatasan dengan daerah lain.

    "Jadi sesuai dengan kewajiban masing-masing daerah. Kita sudah melakukan upaya-upaya termasuk membersihkan Sungai Blencong," kata Eka.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id