10 RS di Kabupaten Bekasi Jadi Rujukan Korona

    Antonio - 19 Maret 2020 08:00 WIB
    10 RS di Kabupaten Bekasi Jadi Rujukan Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Cikarang: Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan 10 rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan virus korona (covid-19). Selain itu pun disediakan pusat layanan telepon untuk masyarakat yang membutuhkan penanganan virus korona.

    "Kami telah menunjuk 10 rumah sakit rujukan untuk covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi (PIKOKABSI) Alamsyah, melalui keterangan tertulis, Kamis, 19 Maret 2020. 

    Dia merinci, RS tersebut adalah RSUD Kabupaten Bekasi, RS Hermina Grandwisata, RS Sentra Medika, dan RS Siloam Cikarang. Selanjutnya, RS Omni Cikarang, RS Mitra Keluarga Cikarang, RS Adam Thalib, RS Graha MM2100, RS Cibitung Medika dan RS Annisa.

    "Untuk penanganan rujukan, masyarakat cukup menelpon ke call center 112 atau 119," ungkapnya.

    Baca: Pemkot Bekasi Segera Tutup Akses ke Jakarta

    Dia menerangkan petugas akan menjemput dan mengantar warga yang membutuhkan penanganan ke rumah sakit untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Sementara untuk warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) segera diisolasi di kediaman masing-masing.

    Masyarakat diimbau segera menghubungi layanan telepon pusat 112 atau 119 bila memiliki riwayat kontak dengan pasien positif korona. Sehingga bisa ditangani dan penyebaran bisa dipantau juga dihentikan. 

    "Khusus untuk yang telah dinyatakan positif, pasien akan dibawa ke RS rujukan yang telah ditunjuk pemerintah pusat untuk menangani covid-19 di Bandung," imbuhnya.

    Sementara itu, pihaknya juga membuat sejumlah langkah untuk pencegahan dan penanganan virus korona di Kabupaten Bekasi. Di antaranya dengan membuat Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi (PIKOKABSI), surat edaran bupati Bekasi, dan pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

    "Masyarakat yang membutuhkan informasi dan penanganan Covid-19 dapat menghubungi nomor bebas pulsa call center 112 dan 119 dan hotline Pusat PIKOKABSI di 021-89910039, 08111139927, 085283980119," ujarnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id