Polisi Kejar Jaringan Joki CPNS di Makassar

    Muhammad Syawaluddin - 05 Februari 2020 20:21 WIB
    Polisi Kejar Jaringan Joki CPNS di Makassar
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Makassar: Setelah menangkap dua joki seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Selatan, FA, 23 dan AS, 23. Penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar kini mengejar jaringan kedua pelaku.

    "Indikasinya begitu (ada jaringan). Saat ini masih kita kembangkan," kata Kanit 3 Tipiter Reskrim Polrestabes Makassar, Iptu Ali Hairuddin, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 5 Februari 2020.

    Ali mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait jaringan kedua joki seleksi CPNS ini. Karena mereka didatangkan oleh seseorang yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

    Penyelidikan terhadap jaringan joki seleksi CPNS itu berdasarkan identitas pemesan yang saat ini telah diketahui oleh penyidik.

    "Inilah sementara kami lakukan pengembangan dan berdasarkan identitas yang memesan ini kita kembangkan dan ditindaklanjuti," jelas Ali.

    Kedua joki didatangkan dari Pulau Jawa oleh seseorang berinisial, W dengan alasan mengajar dalam rangka persiapan seleksi CPNS. Hanya saja, saat tiba di Makassar, W membujuk keduanya menjadi joki.

    Tawaran W itu diikuti dengan iming-iming uang sebesar Rp10 juta jika keduanya bersedia menggantikan dua warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan dalam seleksi CPNS. Agar lebih meyakinkan kedua joki, W memberikan uang muka.

    "Mereka baru terima akomodasi, masing-masing itu Rp1,8 juta dan dijanjikan uang sebesar Rp10 juta, jika lulus," ungkap Ali.

    Kedua pelaku sebelumnya diringkus oleh saat mengikuti tes ujian CPNS di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kapasa, Kecamatan Baringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 4 Februari 2020 kemarin. Keduanya diringkus saat diwawancarai tim seleksi lantaran tak tahu bahasa daerah yang digantikan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id