Bogor Siap Operasikan Moda Transportasi Trem

    Rizky Dewantara - 18 Februari 2020 11:14 WIB
    Bogor Siap Operasikan Moda Transportasi Trem
    Ilustrasi situasi di Jalan Otista, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Februari 2020. Medcom.id/ Rizky Dewantara
    Bogor: Pemerintah Kota Bogor dinyatakan layak mengoperasikan moda transportasi massal, trem way. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, mengatakan kelayakan tersebut dinilai dari beberapa aspek pendukung yang ada di Kota Bogor.

    "Kota Bogor sudah memenuhi syarat, seperti elevasi ketinggian jalan, jembatan, kemiringan atau sudut jalan, lalu infrastruktur serta kebutuhan kota dan yang lainnya. Semuanya sudah terpenuhi, usai paparan progres kajian pembangunan transportasi berbasis rel oleh Colas Rail dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)," kata Dedie di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Februari 2020.

    Dedie menjelaskan berdasarkan hasil itu, trem yang akan hadir pertama kali di Kota Bogor ini akan difokuskan pada koridor atau trase pertamanya. Dimulai dari Kecamatan Bogor Tengah, Baranangsiang menuju Jalan Otista, Jalan Juanda, Jalan Kapten Muslihat, Alun-alun Kota Bogor, Jalan Pengadilan kemudian kembali lagi ke Jalan Jalak Harupat dan berakhir di Baranangsiang.

    "Jadi dari hitungan (konsultan) Colas, Iroda dan Egis itu sejauh 7,1 kilometer untuk trase pertama. Kami mengusulkan ada empat trase yang memungkinkan untuk dibangun Trem Way, tapi kita fokus trase pertama dulu," jelas Dedie.

    Menurut Dedie ada tiga skema yang akan dikaji dalam kehadiran moda transportasi berbasis rel itu. Seperti dari skema pembiayaan, skema kerja sama dengan pihak lain yang mungkin dibangun melalui konsorsium untuk mempercepat proses implementasi trem dan skema untuk menyelaraskan trem dengan rencana moda transportasi LRT. 

    "Karena kita sambungkan juga dengan alun-alun di mana alun-alun ini berada di area stasiun Bogor, jadi mudah-mudahan semuanya terakomodir dan mendapat dukungan dari semua pihak," pungkas Dedie. 



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id