87 Drum Tanah Terpapar Radiasi Dievakuasi

    Farhan Dwitama - 17 Februari 2020 09:23 WIB
    87 Drum Tanah Terpapar Radiasi Dievakuasi
    Tim melakukan clean up area terpapar Radioaktif di Perumahan Batan Indah Kecamatan Setu Minggu 16 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama
    Tangerang: Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memindahkan tanah dan tanaman yang terindikasi terpapar zat radioaktif jenis cesium 137 di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan. Tanah dan tanaman yang dievakuasi sebanyak 87 drum.

    "Kami lakukan pemindahan ke tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif," kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara, Senin 17 Februari 2020.

    Heru menyebut petugas Batan dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) terus melakukan pembersihan di area terpapar zat radioaktif di atas ambang batas. Pembersihan juga dilakukan guna menghilangkan paparan radiasi.

    "Dari proses clean up tersebut, didapatkan 87 drum ukuran 100 liter tanah dan tanaman yang diindikasikan terpapar radioaktif," terangnya.

    87 Drum Tanah Terpapar Radiasi Dievakuasi
    Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara. Medcom/Farhan Dwitama

    Proses pembersihan dihentikan sementara pada Minggu, 16 Februari 2020. Batan dan Bapeten pun segera melakukan pengukuran terhadap paparan radiasi di sekitar sumber, tepatnya di jalan bersebelahan dengan area terpaparnya radiasi.

    "Berdasarkan hasil pengukuran menunjukkan penurunan tingkat radiasi yang cukup signifikan, oleh karena itu batasan perimeter yang dipasang oleh Detasemen KBR (Kimia Biologi Radioaktif) dipersempit," jelas Heru.

    Heru mengimbau warga tak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. Petugas terus berupaya proses pembersihan tanpa mengganggu aktivitas warga.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id