Yogyakarta Akan Perbanyak Pertunjukan Kebudayaan Virtual

    Antara - 29 Agustus 2020 11:36 WIB
    Yogyakarta Akan Perbanyak Pertunjukan Kebudayaan Virtual
    Ilustrasi suasana Titik Nol Kilometer Yogyakarta. (Antara/ Eka AR)
    Yogyakarta: Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta berupaya menggelar pertunjukan seni dan budaya di masa pandemi covid-19 dengan memperbanyak pergelaran pertunjukan virtual.

    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono, berharap pertunjukan seni tersebut mampu menyuguhkan pertunjukkan seni dan budaya yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

    "Salah satunya adalah Jogja Cross Culture. Kami sedang menyusun konsep agar kegiatan ini tetap dapat diselenggarakan, tentunya secara virtual," kata Kadri di Yogyakarta, Sabtu, 29 Agustus 2020.

    Baca: Pariwisata di Lampung Diminta Mematuhi Adaptasi Kebiasaan Baru

    Kadri menjelaskan untuk saat ini lokasi utama penyelenggaraan pertunjukkan tetap dipilih di Titik Nol Kilometer Yogyakarta atau sama seperti saat pertunjukkan pertama kali tahun lalu.

    "Kami akan banyak mengandalkan teknologi agar pertunjukkan bisa terselenggara dengan baik dan protokol kesehatan terjaga," jelasnya.

    Sedangkan untuk penerapan protokol kesehatan, Kadri menegaskan bahwa syarat tersebut merupakan harga mutlak yang harus dipenuhi sehingga pertunjukkan tetap berjalan dengan aman dari sisi kesehatan.

    "Banyak juga pertunjukkan yang mulai digelar pada pekan kedua September hingga akhir tahun, seperti pertunjukkan seni musik, teater dan tari. Banyak yang akan digelar secara virtual," ungkapnya.

    Selain menggelar pertunjukan seni dan budaya secara virtual, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta juga akan memberikan ruang dan fasilitasi untuk pembuatan film-film pendek bertema budaya.

    "Tentunya, cerita yang diangkat adalah bagaimana budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Kota Yogyakarta," bebernya.

    Sebelumnya Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mendorong Dinas Kebudayaan untuk mulai menggelar berbagai pertunjukkan seni dan budaya secara virtual.

    "Yogyakarta yang merupakan gudang seniman dan budayawan harus mampu menunjukkan kiprah dan eksistensi sebagai kota seni dan budaya. Harus ada event untuk mereka. Meski di masa pandemi, tetapi harus kreatif dan berkarya," ujarnya.
     

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id