Lima Kabupaten di Sulsel Berpotensi Gempa

    Muhammad Syawaluddin - 10 Februari 2020 20:32 WIB
    Lima Kabupaten di Sulsel Berpotensi Gempa
    ilustrasi/ rakhmat Riyandi
    Makasar: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada lima kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan rawan gempa bumi. Deputy Director For Mapping and Risk Analysis BNPB, Abdul Muhari, mengatakan bahwa dari riset yang dilakukan oleh tim dari ITB, menemukan adanya sesar aktif bernama Walanea. Sesar ini menjadikan Sulsel sebagai salah satu wilayah yang berpotensi terjadi gempa.

    "Sebenarnya laju pergerakan sesar ini tidak terlalu signifikan namun, tetap berpotensi merusak kalau terjadi gempa," kata Abdul di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 10 Februari 2020.

    Abdul menjelaskan dari indentifikasi yang dilakukan oleh BNPB ada lima kabupaten yang dilalui oleh sesar Walanea ini, yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang, Bone, Gowa, dan Bulukumba. Dengan potensi gempa yang bisa dihasilkan yakni 6,6 skala richter.

    BNPB bakal memberikan dapat secara detail kepada Pemerintah Sulsel, khususnya kabupaten yang dilalui sesar Walanea agar bisa mengantisipasi potensi gempa yang ada. Dengan menyusun tata ruang yang mempertimbangkan aspek atau potensi wilayah jika terkena paparan gempa. 

    Dengan data itu pemerintah setempat juga bisa mempertimbangkan struktur bangunan seperti rumah dan bangunan lain seperti fasilitas umum, untuk meminimalisir korban jiwa saat gempa terjadi. 

    "Ini akan diinformasikan lebih detil ke tiap provinsi dan kota untuk menyusun tata ruang serta struktur bangunan nantinya," jelas Abdul.

    Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan bahwa pihaknya bakal memanggil seluruh kepala daerah yang ada di Sulsel untuk membahas mitigasi bencana. Khususnya, yang masuk dalam jalur sesar Walanea ini.

    "Iya kita akan panggil semua (kepala daerah), untuk mengantisipasi ini dan kemudian diinformasikan kepada seluruh masyarakat," kata Nurdin.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id