Pengurus DPP NasDem Ziarah ke Makam Gus Sholah

    Amaluddin - 09 Februari 2020 12:05 WIB
    Pengurus DPP NasDem Ziarah ke Makam Gus Sholah
    Pengurus DPP Partai NasDem dan DPW Partai NasDem Jawa Timur saat melakukan takziyah dan silaturrahim ke kediaman almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu, 8 Februari 2020. (Medcom.id/Amal)
    Surabaya: Pengurus DPP Partai NasDem dan DPW Partai NasDem Jawa Timur melakukan takziyah dan silaturahmi ke kediaman almarhum KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu, 8 Februari 2020. Selain ke Tebuireng, pengurus DPP Partai NasDem dan DPW Partai NasDem juga mengunjungi beberapa pondok dan makam di Jombang.

    Rombongan dipimpin Ketua Koordinasi Bidang Ideologi, Organisasi, dan Kaderisasi Sri Sajekti Sudjunadi, disambut oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) dan Istri Gus Sholah, Ny HJ Farida.

    "Bagi kami yang sedang ditinggalkan oleh Gus Sholah, silaturahmi ini merupakan dukungan moral yang luar biasa," kata Gus Kikin di sela-sela pertemuan, Sabtu, 8 Februari 2020.

    Gus Kikin menjelaskan sepeninggal Gus Sholah, Ponpes Tebuireng tetap fokus mengamalkan ajaran KH Hasyim Asy'ari terutama di bidang agama dan pendidikan. Di antaranya meningkatkan moral akhlak, juga kebangsaan, dan politik.

    "Kita memang tidak berpolitik praktis, tapi kita juga memikirkan bagaimana bangsa Indonesia ini ke depan," kata Gus Kikin.

    Sementara itu, Ketua DPP Nasdem bidang Media dan Komunikasi Publik Charles Meikyansah mengatakan kunjungan NasDem ke Ponpes Tebuireng tak hanya takziah.krn Melainkan juga silaturahmi ke keluarga besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari.

    Dia mengaku melihat sosok Gus Sholah merupakan tokoh Islam yang mengutamakan persatuan dan kesatuan. Menurutnya, Gus Sholah adalah tokoh pembaharuan dan intelektual yang konsisten memberikan pemikiran penting bagi NKRI.

    "Kami dari partai Nasdem sangat kehilangan beliau," ujarnya.

    Charles juga melihat Gus Sholah adalah tokoh pendidikan, ulama, dan budayawan yang mempunyai konsep pendidikan matang. Baik mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Gus Sholah juga tokoh yang plural.

    "Walau pun beliau merupakan tokoh Islam, beliau tidak hanya menaungi orang orang Islam, tapi juga orang-orang di luar Islam, persis seperti kakak beliau yaitu almarhum Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur," bebernya.

    Charles menilai Ponpes Tebuireng tidak akan kehilangan tokoh yang mampu mengelola ponpes dengan baik. Semuanya sudah dipersiapkan oleh pihak keluarga Ponpes Tebuireng.

    "Dari apa yang disampaikan Gus Kikin (pengasuh ponpes KH Abdul Hakim Mahfudz), semua sudah dipersiapkan. Jadi, kami yakin Tebuireng ke depan, sepeninggal Gus Sholah akan tetap berjaya dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan, moral dan kebangsaan," tandasnya. 

    Setelah ke Ponpes Tebuireng, rombongan lanjut ziarah ke makam KH Bisri Syamsuri di Ponpes Denanyar dan KH Abdul Wahab Chasbullah di Ponpes Tambakberas. Tampak dalam rombongan Ketua Agama dan Masyarakat Adat Hasan Aminuddin, dan Ketua Energi dan Mineral Kurtubi. Serta kepala daerah dari Partai NasDem yaitu Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari.






    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id