Wali Kota: Tak Ada Penutupan Akses ke Malang

    ant - 16 Maret 2020 20:17 WIB
    Wali Kota: Tak Ada Penutupan Akses ke Malang
    Wali Kota Malang, Sutiaji. (ANTARA/Vicki Febrianto)
    Malang: Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur membatasi dan menunda agenda dari tamu-tamu yang akan berkunjung di lingkup pemerintah kota. Pembatasan termasuk perjalanan dinas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Malang.

    Wali Kota Malang Sutiaji membantah menutup akses bagi masyarakat yang akan masuk maupun ke luar dari wilayah Kota Malang, Jawa Timur. 

    "Saya tidak punya otoritas untuk melarang orang datang ke Kota Malang. Kepala daerah tidak bisa melakukan itu. Yang saya maksud tamu itu adalah, tamu instansi," kata Sutiaji, di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Senin, 16 Maret 2020.

    Menurut Sutiaji, tamu-tamu yang akan melakukan kunjungan kerja ke berbagai instansi yang ada di Kota Malang, untuk sementara waktu akan dihentikan terlebih dahulu. Namun, bagi mereka yang saat ini sudah berada di Kota Malang, masih bisa melanjutkan kunjungan kerja tersebut.

    Sutiaji menambahkan, jika memang dilakukan penutupan akses baik keluar maupun masuk ke Kota Malang, memiliki konsekuensi yang sangat besar, terutama dari ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat Kota Malang.

    "Kepala daerah tidak bisa menutup mobilitas orang, karena itu memiliki konsekuensi besar. Terutama terkait kesiapan logistik," ujar Sutiaji.

    Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah daerah tidak diperkenankan untuk mengambil kebijakan lockdown terkait upaya mengendalikan penyebaran covid-19. Langkah untuk melakukan lockdown, hanya bisa dilakukan oleh pemerintah pusat.

    Dalam mengambil keputusan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus ditelaah secara mendalam, agar lebih efektif menyelesaikan masalah, dan tidak memperburuk keadaan masyarakat Indonesia.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id