Dinkes Palembang Kesulitan Dapatkan Termometer

    Gonti Hadi Wibowo - 16 Maret 2020 14:35 WIB
    Dinkes Palembang Kesulitan Dapatkan Termometer
    Suasana rapat Pemkot Palembang bersama seluruh OPD membahas penanganan pandemi virus korona, Senin, 16 Maret 2020. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
    Palembang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Sumatra Selatan, mengaku kesulitan mendapatkan termometer. Padahal, alat pengukur suhu tubuh itu merupakan peranti paling dasar dalam pencegahan penyebaran virus korona.

    “Alat pengukur tubuh yang kita punya sekarang masih sedikit. Saat kami mau membeli alatnya sudah mahal dan tidak ada lagi,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Palembang Ayus Astoni, Senin, 16 Maret 2020.

    Ayus menjelaskan, harga termometer jenis laser biasanya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp750 ribu. Namun sejak virus korona merebak, harga alat tersebut melambung hingga mencapai Rp3,5 juta per unit.

    “Dinkes mau membeli alat pengukur suhu tubuh itu walaupun dengan harga Rp3,5 juta. Tetapi saat kami ingin membeli tahu-tahu sudah tidak tersedia," jelasnya.

    Baca juga: 7 Rumah Sakit di Jateng Fasilitasi Cek Kesehatan Gratis

    Kendati demikian, Ayus mengaku telah berkoordinasi dengan produsen agar bisa mendapatkan termometer. Selain memastikan ketersediaan alat, juga agar Dinkes bisa membeli dalam jumlah banyak.

    “Kami akan berusaha untuk mendapatkan alat pengukur suhu tubuh ini dengan jumlah yang banyak untuk mendeteksi agar penyebaran virus korona tidak masuk ke Kota Palembang,” ungkapnya.

    Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya telah membentuk tim kewaspadaan penyebaran infeksi virus korona.

    “Dengan dibentuknya tim kewaspadaan kami mengimbau kepada masyarakat Palembang untuk tidak panik serta menjaga hidup pola sehat dan rajin mencuci tangan,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id