Garuda Sempat Tolak Sampel Darah PDP Covid-19 Asal Papua

    Roylinus Ratumakin - 16 Maret 2020 10:36 WIB
    Garuda Sempat Tolak Sampel Darah PDP Covid-19 Asal Papua
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Jayapura: Maskapai penerbangan Garuda Indonesia sempat menolak mengirimkan sampel darah pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19, ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

    Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Dokter Nevil Mustika mengatakan, sampel darah itu milik pasien laki-laki berusia 46 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Penolakan oleh Garuda, kata dia, lantaran tidak ada surat pengantar dari RSUD Merauke.

    "Betul, kemarin, Minggu, 15 Maret 2020, petugas rumah sakit hendak mengirim sampel darah pasien terduga korona menggunakan pesawat Garuda, hanya saja ditolak,” kata Nevil, Senin, 16 Maret 2020.

    Baca juga: Pasien Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Merauke

    Kendati ditolak, Nevil memastikan hal itu telah diselesaikan dengan penerbitan surat pengantar dari RSUD Merauke. Bersama surat itu, sampel darah pasien bisa dibawa ke Jakarta untuk dicek di laboratorium.

    “Sudah ada pembicaraan dengan manajemen Garuda dan disepakati pada Selasa, 17 Maret 2020, sampel darah pasien akan dibawa,” jelas dia.

    Terkait kondisi pasien saat ini, kata Nevil, sudah mulai membaik. Keluhan demam, batuk, pilek, hingga tekanan darah pasien berangsur normal.

    “Meski demikian, tidak diperkenankan kepada pengunjung untuk datang ke ruangan VIP. Hanya petugas khusus, baik dokter maupun perawat, yang melakukan pemantauan sekaligus menangani pasien tersebut,” katanya.

    Baca juga: Khofifah: ASN Jawa Timur Tetap Ngantor

    Dia juga meminta masyarakat tidak khawatir secara berlebihan, alih-alih tetap waspada.

    Pasien tersebut memiliki riwayat mengikuti acara seminar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 25-28 Februari 2020. Seminar itu diikuti pula oleh pasien positif korona yang meninggal di Rumah Sakit Moewardi, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 12 Maret 2020.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id