110 Napi di Lapas Perempuan Gowa Positif Covid-19

    Muhammad Syawaluddin - 24 Juni 2020 13:53 WIB
    110 Napi di Lapas Perempuan Gowa Positif Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Makassar: Penyebaran virus korona dalam Lapas Perempuan (LP) Kelas IIa Sungguminasa terus bertambah. Sampai saat ini sudah ada ada sebanyak 110 warga binaan positif virus korona sejak awal Juni 2020 lalu.

    "Saat ini jumlahnya 110 (positif virus korona)," kata Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu, 24 Juni 2020.

    Baca: Jadi Klaster Penyebaran Covid-19, Pabrik Rokok di Sumenep Ditutup

    Gaffar menjelaskan para warga binaan di Lapas Perempuan yang terletak di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang terpapar virus korona didominasi tanpa gejala.

    Mereka yang dinyatakan positif virus korona kemudian diisolasi di rumah sakit di Kota Makassar atau di salah satu hotel yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

    Klaster Lapas Perempuan di Kabupaten Gowa ini muncul setelah dilakukannya rapid tes massal. Beberapa yang reaktif kemudian melanjutkan pemeriksaan swab dan hasilnya enam orang dinyatakan positif virus korona.

    Penemuan enam orang ini, membuat tim kesehatan Lapas bersama tim gugus penanganan covid-19 Gowa semakin intens melakukan pemeriksaan swab kepada warga binaan. Hal hasil pada Jumat, 5 Juni 2020, 35 napi dinyatakan positif virus korona.

    Sepekan kemudian tim gugus penanganan covid- 19 Gowa kembali melakukan pengambilan swab terhadap 84 warga binaan, sampel itu di kirim di dua laboratorium yakni 52 sampel dikirim ke Laboratorium Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan 32 sampel ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

    Dari sampel itu beberapa hari kemudian atau tepatnya pada Sabtu 13 Juni 2020, 16 narapidana dinyatakan positif covid-19. Tidak sampai disitu warga binaan yang positif pada Selasa 16 Juni 2020, bertambah sebanyak 17 orang. Dan pada 17 Juni 2020 ada 3 yang terkonfirmasi positif.

    Dengan adanya hal itu tim gugus bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa akan berkordinasi dengan pihak Lapas Perempuan Kelas IIa Sungguminasa, untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di dalam lapas.

    Pihaknya juga akan melakukan pengambilan swab terhadap seluruh warga binaan dan pegawai Lapas Perempuan Kelas IIa Sungguminasa, sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus korona serta melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id