72 Ribu Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Jawa Barat

    Ahmad Rofahan - 23 Mei 2020 18:23 WIB
    72 Ribu Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Jawa Barat
    ilustrasi Medcom.id
    Cirebon: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mencatat ada sebanyak 72 ribu kendaraan yang dipaksa putar balik sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan.

    Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi, mengatakan jumlah tersebut terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua.

    "Kendaraan yang dipaksa putar balik, dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat," kata Rudy di Cirebon, Sabtu, 23 Mei 2020.

    Baca: Warga Bekasi Diminta Tak Bersalaman saat Idulfitri

    Rudy mengatakan untuk menerapkan aturan larangan mudik, pihak kepolisian di sejumlah daerah di Jawa Barat melakukan penyekatan untuk mengantisipasi adanya pemudik, termasuk di antaranya di Kabupaten Cirebon.

    Untuk di Kabupaten Cirebon sendiri, jumlah kendaraan yang dipaksa untuk putar balik sebanyak 500 kendaraan. Ratusan kendaraan tersebut diketahui akan melakukan perjalanan mudik ke wilayah Jawa Tengah.

    Menurut Rudy, meski Presiden Joko Widodo sudah melarang mudik sejak 24 April 2020 lalu sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, nyatanya hingga saat ini masih banyak ditemukan masyarakat yang nekat melakukan mudik.

    Guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya selalu berupaya melakukan penyekatan kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penyekatan ini dilakukan di semua titik di Jawa Barat, seperti di Purwakarta, Subang, Indramayu, serta Cirebon.

    "Imbauan juga sudah dilakukan, kita juga sudah menyekat dari sana (arah Jakarta), di tiap-tiap kota, di Purwakarta, Subang, Indramayu menahan. Namun masih ada yang lolos dan masih ada yang jalan. Tetap saya mengimbau, kalau tidak bisa pulang, sesuai arahan pak Presiden, kenapa harus pulang," pungkas Rudy.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id