Puluhan Rumah di Sumenep Terendam Luapan Sungai Kebonagung

    Rahmatullah - 06 Januari 2021 16:37 WIB
    Puluhan Rumah di Sumenep Terendam Luapan Sungai Kebonagung
    Petugas BPBD Sumenep saat mendata rumah terendam banjir. Medcom.id/ Rahmatullah
    Sumenep: Puluhan rumah di Desa Patean, Kecamatan Batuan dan Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terendam banjir. Banjir tersebut berasal dari luapan Sungai Kebonagung, Kecamatan Kota.

    "Daerah ini memang langganan. Untuk solusinya nanti kita sampaikan kepada dinas terkait seperti apa nanti penanganannya," kata Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Januari 2021.

    Baca: Gubernur NTT Berencana Beli Vaksin Covid-19 Sendiri

    Rahman menjelaskan sesuai pendataan sementara di Desa Patean terdapat 24 kepala keluarga yang terdampak banjir. Sedangkan Desa Nambakor 30 kepala keluarga.

    Ia menyebutkan daerah tersebut kerap dilanda banjir karena berada pada kawasan dataran rendah. Sehingga jika terjadi hujan deras air mudah menggenang.

    "Karena daerahnya berada di dataran rendah ya. Nanti bagaimana di sini ada pompa air untuk mengalihkan ke sungai terdekat," jelasnya.

    Sementara Kepala Desa Patean, Nurullah, mengatakan ketinggian banjir bervariatif. Bahkan untuk jalan atau akses warga air mencapai sekitar 30 sentimeter. Akibatnya aktivitas warga terganggu.

    "Kalau di desa saya itu yang terdampak satu RT. Lahan pertanian juga terdampak. Memang langganan banjir kalau di sini," ungkap Nurullah.

    Banjir yang melanda Desa Patean dan Nambakor kali ini juga berimbas terhadap tanaman padi baru tanam milik petani yang ada di wilayah tersebut.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id