1.000 Relawan Covid-19 Dilatih Jadi Agen di Makassar

    Muhammad Syawaluddin - 20 November 2020 14:38 WIB
    1.000 Relawan Covid-19 Dilatih Jadi Agen di Makassar
    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 20 November 2020. Dokumentasi/ istimewa
    Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melatih 1.000 relawan Satgas Penanggulangan covid-19. Ribuan relawan yang dibentuk dan dilatih itu berasal dari 47 kecamatan dan 16 organisasi kemasyarakatan peduli bencana.

    Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, mengatakan relawan akan menerima materi adaptasi baru atau penerapan protokol kesehatan dan materi semangat kerelawanan dan instrument relawan (inaRisk).

    "Salah satu langkah terbaik menangani pandemi adalah dengan menciptakan agen perubahan perilaku melalui para relawan," kata Lilik di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 20 November 2020.

    Baca: Pegawai Meninggal Akibat Covid-19, Bappeda Klaten Lockdown

    Lilik menjelaskan materi lainnya yang akan mereka terima yakni terkait komunikasi efektif di masa pandemi dan keempat adalah tentang isu lokal penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan yakni program Trisula (Testing, Tracking dan Edukasi) dan Duta Wisata Covid-19.

    "Sehingga kita harapkan materi yang mereka terima ini bisa diimplementasikan saat mereka di lapangan," jelasnya.

    Relawan ini nantinya akan menjadi pelopor perubahan perilaku masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru. Hingga pandemi ini berakhir sosialisasi penerapan protokol kesehatan atau 3M seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan harus taat untuk dilakukan.

    Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan pembentukan Relawan covid-19 ini program yang sangat dibutuhkan dalam rangka melakukan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Relawan ini pun diharapkan dapat menjadi agen perubahan perilaku di tengah masyarakat.

    "Keterlibatan dan sinergi kita semua memiliki peranan yang signifikan dalam mengendalikan covid-19. Terutama para relawan, kehadirannya pun diharapkan dapat membantu tenaga medis dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga," ungkapnya.

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id