Rumah Pengemasan Rokok Ilegal di Jepara Digerebek

    Rhobi Shani - 02 Oktober 2020 16:13 WIB
    Rumah Pengemasan Rokok Ilegal di Jepara Digerebek
    Rumah yang digunakan untuk pengemasan rokok ilegal di Jepara.
    Jepara: Dua rumah di Desa Purwogondo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, digerebek petugas kantor Bea Cukai Kudus. Hasilnya sebanyak 476.200 batang rokok illegal jenis sigaret kretek mesin (SKM) senilai Rp485,72 juta disita.

    Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, mengatakan dua rumah yang digrebek diduga dijadikan tempat pengepakan barang kena cukai hasil tembakau (BKC HT) Ilegal. Penggrebekan dilakukan kemarin, Kamis, 1 Oktober 2020.

    "Potensi kerugian negara yang dapat diselamatkan dari kedua penindakan tersebut sebanyak Rp 282,54 juta,” ujar Gatot dalam siaran pres, Jumat, 2 Oktober 2020.

    Penggerebekan bermula dari informasi masyarakat tentang adanya penimbunan rokok ilegal di wilayah Kabupaten Jepara. Penggerebekan di rumah pertama, petugas menyita 342.200 batang rokok ilegal. Di lokasi kedua, petugas menyita 134 ribu batang rokok illegal. 

    “Jarak rumah pertama dan kedua tidak jauh, masih di desa yang sama. Di lokasi pertama hanya dapat rokok, tapi di lokasi kedua selain rokok kami juga mendapatkan dua alat pemanas yang diduga digunakan dalam proses produksi rokok illegal,” kata Gatot.

    Para pelaku peredaran rokok ilegal masih diburu kantor Bea Cukai Kudus. Pada saat dilakukan penindakan kedua rumah dalam kondisi tidak ada penghuninya.

    “Pelaku melanggar pasal 50 UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai,” tegas Gatot.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id