Babinsa di Ciamis Olah Sisa Gergaji Kayu Jadi Jamur Tiram

    Deny Irwanto - 01 Desember 2020 19:55 WIB
    Babinsa di Ciamis Olah Sisa Gergaji Kayu Jadi Jamur Tiram
    Ketum Persit Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa, saat meninjau inovasi gergaji besi yang diolah jadi jamur tiram, Selasa, 1 Desember 2020. Dokumentasi/ istimewa
    Ciamis: Ketua Umum Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa, mengagumi inovasi yang dilakukan Babinsa Koramil 1325 Langensari Kodim 0613 Ciamis, Sertu Hendar Purwanto.

    Hendar memanfaatkan sisa gergaji kayu yang kemudian dijadikan budidaya jamur tiram untuk menambah penghasilan dam menyerap lapangan kerja dari warga sekitar.

    "Saya dari tahun 2015 waktu itu dari mulai 1 sampai 1.000 alhamdulilah bisa berjalan dan sekarang karyawan yang ada 5-6 orang," kata Hendar saat berbincang dengan Hetty di Ciamis, Selasa, 1 Desember 2020.

    Baca: Kabupaten Tangerang Belum Beri Izin Keramaian

    Sementara Kabag Info Subdis Meldek Dispenad, Letkol Inf Ismail, yang mendampingi Hetty menjelaskan yang dilakukan Hendar adalah langkah yang baik dan bisa ditiru anggota lain. Menurutnya inovasi Hendar patut diapresiasi dan didukung penuh.

    "Dia merekrut tetangga-tetangga untuk membantu di sana. Ada hitungan gaji. Sehingga tetangganya itu menambah penghasilan. Sangat inovatif sekali," jelas Ismail.

    Ismail mengatakan manfaat budidaya jamur ala Sertu Hendar sangatlah banyak. Ia mencontohkan jamur ini bisa juga dijadikan kompos atau dijual dengan cara digoreng crispy.

    Menurutnya limbah kayu gergaji bisa dijual kembali dan bisa juga dijadikan kompos tanaman-tanaman, hingga jamur segar yang diperoleh bisa dijual ke pasar.

    "Dan ini yang bagus juga kan banyak petani-petani di sana dan dia kumpulkan hasilnya untuk dijadikan keripik Crispc yang kelola istrinya. Nah ini istrinya merekrut tetangga untuk bekerja. Digaji juga. Kan artinya selain pemberdayaan budaya, pemberdayaan ekonomi juga pemberdayaan lapangan kerja," jelasnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id